90 Handtraktor Dikerahkan Untuk Sukseskan Tanam Serentak di Kluet Timur

IMG-20170519-WA010_editAceh Selatan News | Kluet Timur – Guna menyukseskan program tanam padi serentak di Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan, pada musim tanam tahun 2017, sedikitnya 90 unit handtraktor dikerahkan untuk pengolahan lahan.

“Pengerahan 90 unit handtraktor ukuran besar dan kecil ini untuk pengolahan lahan seluas 1.200 hektar yang meliputi 9 gampong,” kata Camat Kluet Timur, Moeriadi, SE kepada Aceh Selatan News, Jum’at (19/5/2017).

Kegiatan ini, lanjutnya, terlaksana atas kerjasama antara pihaknya dengan unsur Muspika Kluet Timur, para Keuchik, Imum Mukim dan masyarakat kelompok tani. Dalam rangka menyukseskan kegiatan itu, maka sebanyak 90 unit handtraktor sudah dikeluarkan dari gudang Balai Benih Utama (BBU) Kluet Timur.

“Rencana, setelah pengolahan lahan seluas 1.200 tersebut selesai, maka kita targetkan tanam padi serentak dimulai pada awal Juni 2017 mendatang,” ujar Moeriadi.

Ia juga menjelaskan, lahan 1.200 hektar tersebut nantinya akan ditanami padi jenis impari-30 bantuan pemerintah. “Bibit padi jenis impari-30 sebanyak 22 ton sudah dipersiapkan, berupa subsidi dari pemerintah,” jelasnya.

Untuk itu, ia mengharapkan, dengan suksesnya tanam padi serentak, maka Kluet Timur bisa sejajar dengan daerah lainnya dalam bidang pertanian.

“Pola tanam padi serentak berdasarkan hasil musyawarah besar masyarakat petani Kluet Timur yang digelar baru-baru ini. Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan sukses,” harapnya.

Ia menambahkan, masyarakat petani sangat antusias menyukseskan pola tanam serentak, hal ini dibuktikan dengan mulainya dilakukan pengolahan lahan di gampong masing-masing.

“Jika sudah panen nantinya, mudah-mudahan Kluet Timur akan bisa menjadi lumbung padi di Aceh Selatan ini. Dan tanam serentak ini akan dilakukan 2 kali setahun secara kontinyu setiap tahunnya,” tutupnya.(Ran)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*