Kluet Selatan /  -

Abrasi Ancam Hanyutkan Rumah Warga di Pasie Merapat

Desember 5th, 2013 | Posted in Kluet Selatan | |
2017-11-24 22:19
Kondisi sungai di desa Pasie Merapat, Kluet Selatan
Kondisi sungai di desa Pasie Merapat, Kluet Selatan

Aceh Selatan News | Kluet Selatan – Abrasi sungai Kluet kian parah mengikis tebing di pulau Kandang, Kluet Selatan, Aceh Selatan. Bahkan di desa pasie merapat jarak rumah warga dengan sungai hanya tinggal sekitar 10 meter saja.

Kepala Desa setempat, Nurman, Kamis (5/12) mengungkap abrasi sungai terbilang cepat mengikis tebing desa yang dipimpinnya, “Dulu ada Mesjid dan Mushalla disana,” ujarnya sambil menunjuk ketengah sungai.

Ia meyakani tidak kurang dari seratus meter tanah yang dibawa air sejak 2008 lalu,” dulu kayaknya ada 2 tiang listrik lagi ke tengah sana,” terangnya.

Mirwan, salah seorang tokoh masyarakat berharap pihak pemerintah bergerak cepat untuk menangani kondisi yang semakin hari bertambah parah itu, “Sebaiknya ditanggul pakai batu gajah atau pancang beton,” harapnya.

Lebih lanjut ia berharap agar ada solusi dari abrasi sungai tersebut, sebab kondisi sungai dengan perumahan warga sudah sangat dekat, “Masyarakat juga resah takutnya abrasi bisa merobohkan tebing bahkan rumah masyarakat yang dipinggir sungai,” keluhnya.(Iy)

Komentar

©2015 Kompoz is version 4.0 Powered by Wordpress beautified by Dewaz. All Rights Reserved.