Abrasi Ancam Jembatan Gantung di Kluet Selatan

img_20170105_103802Aceh Selatan News | Kluet Selatan – Jembatan gantung yang terletak di Gampong Pasie Merapat, Kecamatan Kluet Selatan dan Gampong Simpang Tiga, Kecamatan Kluet Utara terancam ambruk akibat abrasi bibir sungai Kluet yang terus terjadi saat sungai tersebut meluap.

Anggota DPRK Aceh Selatan Mirwan, mengatakan meski telah disampaikan kepada Pemkab Aceh Selatan melalui instansi terkait, hingga saat ini Jembatan gantung tersebut, hingga saat ini belum ditangani pemerintah .

Pantauan Aceh Selatan, Kamis (5/1/2017) Jembatan yang berlantaikan kayu tersebut, kondisi box kabel angin yang terletak di Gampong Simpang Tiga sudah amblas ke sungai dan bagian tiang penyangga jembatan juga sudah sangat dekat dengan bibir tebing.

Menurut sejumlah warga, jika tidak segera ditanggulangi dalam waktu dekat ini, dipastikan Jembatan gantung tersebut akan jatuh ke sungai saat air meluap pada musim penghujan seperti saat ini. Karena kondisi sungai Kluet yang cukup deras akan menerjang bibir sungai hingga menyebabkan abrasi tak terelakan.

“Saya yakin, jika tidak segera ditanggulangi, abrasi sungai pada musim banjir seperti saat sekarang ini akan semakin parah, akibatnya tiang pangkal jembatan ambruk,” ungkap Mirwan.

Jika terus dibiarkan kondisi ini akan merugikan masyarakat dan Pemkab sendiri karena jembatan itu merupakan aset daerah jika harus membangun ulang akan menelan dana yang besar.

“Selain jembatan abrasi di Gampong Pasie Merapat juga mengancam rumah warga yang terletak di sepanjang aliran sungai, BPBD dan Dinas terkait harus segera mengambil tindakan,” harap politisi PKB tersebut.(Jn)

Komentar