Abu Armia Gantikan Tgk Attarmizi Jadi Ketua MPU Aceh Selatan

IMG-20170527-WA001
Ketua MPU Aceh Selatan, Abu Armia
Ketua MPU Aceh Selatan, Abu Armia

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Tgk H Armia Ahmad, terpilih sebagai Ketua Majlis Permusyawatan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Selatan pergantian antar waktu (PAW), masa khitmad 2014-2019, dalam sidang paripurna istimewa yang dipimpin Wakil Ketua MPU Tgk Syamsul Falah Alaidin, di oproom Kantor Bupati lama, jalan Syech Abdurra’uf As-Singkili Tapaktuan, Selasa 23 Mei 2017, lalu.

Dalam sidang istemewa tersebut, dari dua calon yang diajukan pimpinan MPU setempat, Abu Armia panggilan akrab Tgk. H. Armia Ahmad meraih 22 suara. Sedangkan rivalnya Tgk Syamsul Falah Alaidin hanya mendapat 2 suara dari 26 anggota MPU yang hadir dan berhak memberikan suaranya.

Pemilihan Ketua MPU PAW ini dilakukan, guna mengisi kekosongan kursi ketua yang ditinggalkan Tgk H.Attarmizi Hamid. Sebelumnya, Attarmizi telah mengundurkan diri dan telah dikukuhkan menjadi anggota MPU Provinsi Aceh, utusan Kabupaten Aceh Selatan beberapa waktu lalu.

Abu Armia, Pimpinan Ponpes Ashabul Kahfi, Kecamatan Kluet Utara itu, sebelumnya menjabat Wakil Ketua I dan Tgk Syamsul Falah Alaidin Wakil Ketua II. Dalam sidang paripurna lanjutan, juga terpilih Tgk Zaimansyah, sebagai Wakil Ketua II menggantikan Abu Armia.

Semula Zaimansyah meraih suara imbang 13 : 13 dari saingannya Tgk H Baharuddin. Akhirnya disepakati kedua nama tersebut diundi dan nama Zaimansyah muncul, sehingga ditetapkannya sebagai pemenang.

Suasana sidang sebelumnya sempat tegang dan alot, karena ada diantara anggota MPU, kurang memahami penafsiran tata tertib dan memprotes calon diajukan para pimpinan MPU. Namun akhirnya mencair, setelah pimpinan sidang memberi penjelasan tata tertib tentang PAW.

Sekretaris MPU Aceh Selatan, Zamzamy Surya,S.Pd, MM kepada Aceh Selatan News di Tapaktuan, Jum’at (26/5/2017) mengatakan, sidang paripurna PAW berjalan lancar kendati ada riak protes dari antara anggota MPU.

“Kita juga telah klarifikasi sesuai hasil konsultasi dengan mantan Sekretaris MPU Aceh, Syaifuddin Puteh, tentang pelaksanaan pengajuan calon dan pemilihan Ketua MPU PAW di Aceh Selatan ini,” ujarnya.(Ran)

Komentar

IKLAN DPMG II