Aceh Selatan Berupaya Memperbaiki Mutu Pelayanan Kesehatan

13179013_263674733984399_3649740251824254301_n_editAceh Selatan News | Tapaktuan – Wakil Bupati Aceh Selatan, Kamarsyah, S.Sos, MM menyebutkan, pembangunan kesehatan di Kabupaten Aceh Selatan saat ini telah dilaksanakan dengan mengerahkan seluruh kemampuan yang ada, dan mengacu pada misi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan.

“Kita berupaya untuk memperbaiki jangkauan pelayanan kesehatan dengan peningkatan serta penambahan fasilitas maupun memperbaiki mutu pelayanan rumah sakit dan pelayanan kesehatan lainnya,” sebutnya Wa
pada acara bakti sosial pengobatan massal yang dilaksanakan oleh BLUD Akper Pemkab Aceh Selatan di Kluet Timur, Senin (16/5).

Menurutnya, upaya untuk mencapai misi tersebut telah dilakukan dengan berbagai program dan kegiatan, diantaranya adalah mendatangkan atau menghadirkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah-daerah terisolir, daerah terpencil, daerah perbatasan dan daerah lain yang sulit untuk mendapat akses pelayanan kesehatan.

“Keberhasilan pembangunan kesehatan tidak akan tercapai bila tidak didukung dan melibatkan seluruh lapisan dan elemen, mulai dari eksekutif, legislatif, lembaga-lembaga swadaya masyarakat, termasuk lembaga pendidikan, baik pendidikan bidang kesehatan atau bidang-bidang lainnya,” ujarnya.

Kamasyah mengatakan, BLUD Akper Pemkab Aceh Selatan, sebagai satu-satunya institusi pendidikan tinggi milik Pemkab Aceh Selatan, juga tidak tinggal diam dalam mendukung misi bupati dan wakil bupati dengan melakukan bakti sosial dalam bentuk pengobatan massal, penyuluhan kesehatan dan pemberian makanan tambahan di daerah Lawe Sawah yang masih agak terisolir.

“Kegiatan ini dilakukan oleh Civitas Akademika Akademi Keperawatan Pemkab Aceh Selatan sebagai salah satu bentuk dari tri darma perguruan tinggi yaitu mengabdi kepada masyarakat,” ucapnya.

Wabup melanjutkan, Pemkab Aceh Selatan tetap menjaga kegiatan ini setiap tahunnya dengan menganggarkannya dalam APBK. Mudah-mudahan dengan kinerja yang baik dan sambutan positif dari masyarakat Lawe Sawah dan sekitarnya ini, akan menjadi nilai plus bagi peningkatan anggaran di tahun-tahun mendatang.

“Akademi Keperawatan Pemkab Aceh Selatan hingga saat ini telah meluluskan 12 angkatan, dan Alhamdulillah, meskipun belum seluruhnya terangkat menjadi PNS, namun alumninya telah tersebar dan bekerja di berbagai fasilitas kesehatan atau non kesehatan, tidak hanya di Aceh Selatan dan Provinsi Aceh, namun juga telah merambah ke luar Aceh, dan hingga saat ini belum ada keluhan terhadap kemampuan dan kompetensi alumni Akper ini,” tuturnya.

Sementara, Direktur BLUD Akper Pemkab Aceh Selatan, Cut Lizam, S.Pd, MPH menjelaskan, kegiatan bakti sosial diadakan di Kemukiman Makmur Kecamatan Kluet Timur yang meliputi tiga desa, yakni desa Lawe Sawah, Lawe Bolohdidi dan Lawe Cimanok.

“Selain kegiatan pengobatan massal, kita juga melakukan penyuluhan kesehatan terhadap masyarakat pada Minggu (15/5) malam dan juga memberi makan tambahan multi vitamin kepada balita,” jelasnya.(Ran)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*