Aceh Selatan Kawasan Pengembangan Komoditi Jagung

jagungAceh Selatan News | Banda Aceh– Dalam rangka meningkatkan produksi jagung di tahun 2013, Pemerintah Provinsi Aceh menetapkan Kabupaten Aceh Selatan sebagai salah satu daerah pengembangan komoditi jagung.

“Aceh Selatan akan dijadikan sentral poduksi jagung,” kata kepala Dinas Pertanian Aceh, Razali Adami, Minggu (3/1) di Banda Aceh.

Dipilihnya kabupaten yang dijuluki sebagai Kota Pala ini sebagai kawasan pengembangan, kata Razali, karena wilayah tersebut memiliki lahan yang cocok untuk ditanami jagung.

Kata dia,  tahun 2013 ini Dinas Pertanian Aceh menargetkan produksi jagung di Aceh Selatan sebanyak 31.129 ton dengan luas tanam 10.161 hektar, luas panen 94.384  hektar dan produktivitas 3,30 ton per hektar. “Insya Allah target ini akan tercapai dan kita sangat yakin,” kata Razali.

Guna meningkatkan produksi komoditi jagung ditahun 2013 ini, lanjut Razali, pihaknya meminta Pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat setempat untuk memaksimalkan lahan tidur dengan untuk menanami jagung.

Selain Aceh Selatan, lima kabupaten/kota di Aceh juga djadikan prioritaskan untuk pengembangan jagung di tahun 2013 ini. Kelima Kabupaten/kota itu masing-masing Kutacane, Gayo Lues, Nagan Raya, Aceh Tamiang dan Kabupaten Pidie.(WJ)

Komentar