Aceh Selatan Kirim 75 Peserta ke Penas XIV Malang

gb377Aceh Selatan – Pemerintah kabupaten Aceh Selatan memfasilitasi 75 orang peserta Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XIV tahun 2014  yang rencananya dilaksanakan 7 hingga 12 Juni 2014 di kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Ke 75 orang tersebut terdiri dari pengrajin buah pala, petani padi, petani pala dan sawit, peternak sapi dan unggas, Nelayan pendamping dan penyuluh serta tim kesenian daerah.

“Penas ini sebagai bentuk fasilitasi pemerintah kepada petani dan nelayan guna meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para petani dan nelayan,” kata Kordinator tim Penas Aceh Selatan Ir. M.Kudus, di Tapaktuan, Selasa (3/6).

Menurutnya, Penas merupakan ajang tukar informasi sesama petani dari berbagai daerah dan bisa mendapatkan teknologi terbaru yang bisa meningkatkan hasil produksi.  Selain itu,  Penas juga menjadi wahana bagi para petani dan nelayan untuk melakukan konsolidasi, pengembangan diri, tukar menukar informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil pertanian, kelautan-perikanan dan kehutanan.

Tentang tujuan penas sendiri, sambungnya adalah untuk meningkatkan motivasi dan kegairahan petani nelayan dan masyarakat pelaku utama dan pelaku usaha agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis. Hasil utama yang diharapkan dari Penas ini, tambah Kudus.

Di samping menjadi ajang bagi para petani dan nelayan untuk dapat meningkatkan wawasan, bahkan bisa menemukan teknologi dalam meningkatkan pendapatan ekonomi, juga nantinya menjadi motor penggerak alih tehnologi tersebut yang dapat diterapkan di kecamatan-kecamatan.

Dikatakannya, Aceh Selatan akan mengikuti beberapa perlombaan di Penas, diantaranya Pemijahan ikan, membedakan jantan betina anak itik, Kalenjar hipopase, Vaksinasi ND pada ayam, merajut jaring (jala), pengukuran PH (keasaman) tanah, mengikat kepiting serta gelar tanah industri rumah tangga. (pemkabas)

Komentar