Akper Aceh Selatan Gelar Kuliah Pakar

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Badan Pelayanan Umum Daerah (BLUD) Akademi Keperawatan (AKPER) Pemkab Aceh Selatan mengadakan kuliah pakar dengan tema “Malpraktek dalam Keperawatan” di ruangan Aula Akper setempat, Selasa (21/11/2017).

Penyelengaraan kuliah pakar dimaksud untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi seluruh mahasiwa dan civitas akademika Akper Kabupaten Aceh Selatan.

Direktur Apker, Teuku Cut Lizam, S.Pd, M.Ph mengatakan kuliah pakar yang temanya berkaitan dengan hukum baru kali pertama dilaksanakan di Akper yang dipimpinnya itu. Menurutnya hal itu penting dilakukan, untuk memberikan pembekalan hukum bagi mahasiswa sebagai calon petugas kesehwtan, sehingga dalam prakteknya dikemudian hari, petugas kesehatan mengerti batasan-batasan hukum dalam bertindak dan melayani pasien.

“Ini merupakan kali pertama mengundang kajari dalam rangka kuliah pakar, hal ini berkaitan dengan masalah berbagai tindakan-tindakan yang kami lakukan sehingga kami lebih mengetahui hukum dalam bertindak khususnya di bidang Keperawatan”, ungkapnya.

Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh Selatan, Munif, SH, MH yang hadir sebagai pemateri menyampaikan bahwa malpraktek adalah penyimpangan standar profesi medis, baik itu penyimpangan karena faktor disengaja maupun disebabkan oleh faktor kelalaian.

“Malpraktek merupakan kegagalan seseorang professional dalam melakukan pekerjaanya sesuai dengan standar profesi yang berlaku,” kata Munif.

Dilanjutkannya, malpraktek juga tindakan yang menyalahi aturan perundang-undangan, kerena dapat menimbulkan banyak kerugian, seperti kerugian fisik maupun mental pasien, bahkan juga kerugian materil.

“Terkait sanksi malpraktek antara lain dapat dilihat dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan,” demikian Munif.(Azk)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*