Alja Dilantik Jadi Ketua Ganti Aceh Selatan

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Ketua DPP Gerakan Nelayan Tani Indonesia (Ganti), Prof. Rokhmin Dahuri melantik Dewan Pengurus Cabang (DPC) Ganti Kabupaten Aceh Selatan dibawah komando Alja Yusnadi S.TP selaku Ketua, Selasa (15/8/2017). Prosesi pelantikan dilaksanakan di gedung Rumoh Agam Tapaktuan.

Pelantikan pengurus Ganti dirangkaikan dengan seminar Kemaritiman yang mengangkat tema “Aceh Selatan Menuju Poros Kemaritiman Nasional” dengan narasumber Ketua DPP Ganti, Prof. Rokhmin Dahuri yang juga mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Prof. Jasman Ma’aruf, Bupati Teuku Sama Indra SH dan Bupati Abdya, Akmal Ibrahim namun Akmal Ibrahim berhalangan hadir.

Dalam arahannya sebelum melantik, Ketua DPP Ganti, Rokhmin Dahuri menyampaikan dirinya senang datang ke Aceh Selatan yang memiliki potenai alam yang sangat kaya.

“Saya senang sekali ke Aceh Selatan karena Aceh Selatan memiliki potensi alam yang sangat kaya,” ungkapnya.

Rokhmin juga mengaku siap memajukan dan mensejahterakan petani dan nelayan dalam Kabupaten Aceh Selatan.

“Kami Gerakan Nelayan Tani Indonesia akan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan untuk menjalankan program strategis untuk petani dan nelayan,” ungkap Rokhmin.

Bahkan Rokhmin membeberkan Ganti siap menggelontorkan sejumlah program ke Aceh Selatan.

“Kita akan optimalkan Pengembangan budidaya ikan sebab potensinya di Aceh Selatan mencapai 10 ribu hektar namun baru 800 hektar yang terkelola. Selain itu kita akan memperjuangkan bantuan kapal penangkapan ikan yang moderen karena nelayan Aceh Selatan mengarungi lautan Hindia tentu dibutuhkan alat yang canggih untuk menghadapi ombak ekstrim tersebut,” katanya.

Selain itu Peningkatan status pelabuhan yang ada di Aceh Selatan dari Pelabuhan daerah agar bisa menjadi pelabuhan Nusantara.

“Menyangkut petani kita akan berkerjasama dengan Kementerian Pertanian karena kita punya hubungan yg baik dengan Kementrian Pertanian,” ujar Rokhmin.

Sementara Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra SH mengucapkan terimakasih Prof. Rokhmin Duhari yang telah berkunjung ke Aceh Selatan.

“Terimakasih kepada bapak Rokhmin yang sudah bersedia 30 jam bersama kami dan setelah mengisi seminar nanti bapak juga telah bersedia untuk mengelilingi Aceh Selatan untuk melihat potensi dan keindahan Aceh Selatan,” ujar Sama Indra.

Dalam kesempatan itu, Sama Indra juga menyampaikan Aceh selatan memiliki pelabuhan yang sangat Pelabuhan ini berpotensi meningkat ekonomi dan sangat penting bagi keberlangsungan kabupaten tetangga yakni Simeulue.

“Kami laporkan juga bahwa pelabuhan Labuhanhaji telah menjadi pelabuhan terpadu, pelabuhan pendaratan ikan dan penyeberangan. Kedepannya akan menjadi lokasi pendaratan semen Padang,” pungkas Sama Indra.(Iy)

Komentar