Kesehatan /  -

Ayah Gemuk Cenderung Punya Anak yang Rentan Kena Diabetes

Januari 18th, 2014 | Posted in Kesehatan | |
2017-11-25 03:34

ayah-gemuk-cenderung-punya-anak-yang-rentan-kena-diabetesAceh Selatan News  – Seorang pria yang memiliki kelebihan berat badan tak hanya membahayakan kesehatan dirinya sendiri, namun juga bisa mempengaruhi kesehatan calon anaknya kelak. Penelitian mengungkap bahwa ayah gemuk yang kelebihan berat badan berkemungkinan memiliki anak perempuan yang juga gemuk dan lebih berisiko terkena diabetes. Tak hanya itu, mereka juga berkemungkinan memiliki anak yang rentan lahir prematur.

Peneliti menjelaskan bahwa berat badan dan kesehatan calon ayah pada saat proses pembuahan mempengaruhi gen dan kesehatan anak mereka. Kaitan ini lebih berkemungkinan terlihat pada bayi perempuan. Selama ini kesehatan ibu yang selalu menjadi sorotan terkait dengan kesehatan anak. Namun ternyata kesehatan ayah juga sangat berpengaruh, seperti dilansir oleh Daily Mail (16/01).

Hasil ini ditemukan peneliti setelah melakukan penelitian pada tikus jantan yang mengalami obesitas dan diabetes. Anak-anak mereka diketahui memiliki kelainan gen yang membuat mereka lebih rentan kelebihan berat badan dan mengalami diabetes. Anak-anak tikus tersebut mengalami kelainan pada pankreas mereka dan tampak bermasalah dalam produksi insulin.

“Sementara selama ini peneliti selalu fokus pada kesehatan ibu yang mempengaruhi kesehatan anak, penelitian ini sangat menarik karena mengungkap pengaruh kesehatan ayah pada calon bayi,” ungkap Dr Margaret Morris dari Pharmacology School of Medical Sciences.

Peneliti berpendapat bahwa pengaruh kesehatan ayah pada calon bayi hampir sama dengan pengaruh kesehatan ibu pada bayi. Geral Weissmann dari The Federation of American Societies for Experimental Biology Journal menambahkan bahwa hasil penelitian ini masih tahap awal untuk membuat peneliti mengerti bagaimana kesehatan ayah bisa berimbas pada anak mereka.

Jika Anda adalah pria yang tengah berusaha memiliki anak, sebaiknya perhatikan kesehatan diri sendiri. Jangan sampai kesehatan Anda yang buruk diturunkan pada calon anak Anda. Karena tak hanya kesehatan wanita yang berpengaruh pada calon bayinya, melainkan juga kesehatan sang calon ayah. (merdeka)

Komentar

©2015 Kompoz is version 4.0 Powered by Wordpress beautified by Dewaz. All Rights Reserved.