Baitul Mal Aceh Selatan Salurkan ZIS Untuk Fakir Miskin

IMG-20170527-WA001

img-20170110-wa007Aceh Selatan News | Tapaktuan - Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan menyalurkan Zakat, Infak dan Shadaqah (ZIS) untuk fakir miskin dan fisabilillah dalam Kecamatan Tapaktuan. Bantuan ZIS  tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra, SH kepada sejumlah penerima manfaat, di pelataran Masjid Istiqamah Tapaktuan, Selasa (10/1/2017).

Bupati Sama Indra dalam kata sambutannya mengatakan, ZIS merupakan ibadah yang mempunyai dimensi ganda, transedental dan horizontal, ZIS memiliki banyak hikmah, baik yang terkait dengan peningkatan keimanan terhadap Allah SWT maupun peningkatan kualitas sesama manusia.

"Sebagai perwujudan keimanan kepada Allah SWT, mensyukuri nikmat-Nya, menumbuhkan akhlak  mulia dengan menciptakan rasa kemanusian untuk saling tolong menolong diantara sesama, serta menjauhkan dari sifat kikir, bakhil, serta rakus," katanya.

Selain itu, lanjutnya, juga menumbuhkan ketenangan hidup, dan mengembangkan harta yang dimiliki. Manfaat dari  ZIS adalah menolong, membantu, serta membina kaum dhuafa kearah kehidupan yang lebih baik dan  lebih sejahtera. Serta  dapat membantu mereka untuk beribadah kepada Allah dengan baik sehingga menghindarkan mereka dari kekufuran nikmat-Nya.

"ZIS merupakan salah satu unsur penting dalam mewujudkan keseimbangan sosial, keseimbangan dalam distribusi harta, serta kepemilikan harta, sehingga diharapkan lahir masyarakat yang berdiri diatas prinsip ukhuwah islamiyah," harapnya.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan, Dedy Sastra, S.Ag menyebutkan, pada tahun 2016 target penerimaan ZIS hanya sebesar Rp. 5.500.000.000,-. Namun setelah perubahan, penerimaan ZIS ditargetkan naik 6 miliar.

"Zakat yang terkumpul pada tahun 2016 melebihi target yang ditetapkan, yaitu sebesar Rp. 7.005.809.124,- dan zakat pada tahun 2016 adalah merupakan penerimaan ZIS tertinggi selama Aceh Selatan ini berdiri," sebutnya.(Ran)

Komentar

IKLAN DPMG II