Banjir Kembali Rendam Rumah Warga di Trumon Raya

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Sebagian pemukiman penduduk di wilayah Trumon Raya meliputi Kecamatan Trumon, Trumon Tengah dan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan kembali dikepung banjir luapan, Sabtu (30/12/2017).

Banjir luapan dari Sungai Gelombang, Kec. Sultan Daulat, Pemko Subulussalam itu, selain merendam ratusan rumah warga juga merendam lahan pertanian dan badan jalan nasional di kawasan Ladang Rimba, Kec. Trumon Tengah.

Genangan air setinggi 20 – 40 centi meter itu mulai terjadi sejak Jumat 29 Desember 2017, kemarin. Kendati ketinggian air terus naik, namun sejauh ini, belum ada laporan adanya warga mengungsi di daerah itu.

“Tidak ada warga yang mengungsi, karena banjir luapan hanya merendam pemukiman, lahan pertanian dan badan jalan nasional di Gampong Ladang Rimba,” kata Ketua Satgas SAR Aceh Selatan, Mayfendri, SE kepada Aceh Selatan News di Tapaktuan.

Ia mengatakan, kendati banjir luapan yang merendam badan jalan nasional tidak mengundang kemacetan lalulintas, namun ikut terganggunya kelancaran para pengguna jalan dari dan ke Medan -Tapaktuan dan Banda Aceh.

“Ketinggaian air di ruas jalan nasional itu masih bisa dilewati kendaraan. Kendati demikian kita meminta kepada pengguna jalan untuk tetap waspada saat melintas di lokasi badan jalan yang tergenang banjir luapan tersebut,” sarannya.

Menurut laporan dilapangan, lanjutnya, hingga pukul 14.16 WIB ketinggian air terus naik. Situasi tersebut tetap dipantau untuk memastikan jika ada warga yang mengungsi.

“Kita tetap memantau situasi lapangan. Jika¬† masyarakat menghendaki untuk mengungsi kami siap melakukan evakuasi,” papar Mayfendri.

Berdasarkan data sementara yang diterima Satgas SAR Aceh Selatan, ada empat Gampong yang digenangi banjir kiriman tersebut, yakni Gampong Lhok Raya, Titi Poeben, Cot Bayu dan Padang Harapan.

“Ini banjir kiriman dari sungai Sultan Daulat, namun ketinggiannya tidak separah seperti bulan lalu.” pungkasnya, seraya menambahkan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan BPBD Aceh Selatan terkait situasi banjir luapan tersebut.(Ran)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*