BKPSDM Aceh Selatan  Luncurkan Inovasi Pelayanan Durasi




Aceh Selatan News | Tapaktuan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat, meluncurkan  inovasi  pelayanan Terpadu dan Terintegrasi (Durasi), bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia Cabang Tapaktuan.

Lounching perdana sekaligus sosialisasi dan penanda tanganan MoU antara BKPSDM Aceh Selatan dengan PT. Pos Indonesia Cabang Tapaktuan tersebut berlangsung di Aula BKPSDM, Jum’at (6/10/2017.

Kepala BKPSDM Aceh Selatan, Hj. Hayatun, SH melalui Kepala Bidang (Kabid) Mutasi dan Kepegawaian, Munharsam, SE kepada Aceh Selatan News mengatakan, inovasi pelayanan terpadu dan terintegrasi ini bertujuan untuk peningkatan kualitas pelayanan administrasi kepegawaian.

“Untuk mewujudkan inovasi Durasi ini, kita bekerja sama dengan PT Pos Indonesia Cabang Tapaktuan. Mulai hari hari ini kita telah membuat perjanjian kerja sama dengan PT. Pos Indonesia,” ujarnya.

Dengan adanya inovasi Durasi ini, lanjut Munharsam, maka  proses administrasi kepegawaian dilakukan dengan cepat dan tepat serta berbasis teknologi informasi.Sehingga nantinya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di wilayah dalam Kabupaten Aceh Selatan mudah melakukan administrasi kepegawaiannya melalui PT Pos Indonesia di masing-masing kecamatan.

Karena mengingat, selama ini  pelayanan masih sangat kurang dan tidak efektif, terutama dalam proses pengambilan dokumen kepegawaian. Dimana sebelumnya,  dokumen kepegawaian seperti SK Kenaikan Pangkat, SK Kenaikan Gaji Berkala, Karpeg, Karis, Karsu dan lain-lainnya, setelah di proses jarang sekali di informasikan kepada PNS

“Sehingga yang bersangkutan tidak mengetahui apakah dokumen kepegawaiannya sudah selesai atau belum. Tidak jarang pegawai yang bersangkutan baru mengambil dokumen kepegawaian yang di usulkannya setelah 1 (satu) tahun diterbitkan dokumen tersebut,” sebutnya.

Selain itu, banyak PNS  kesulitan untuk mengambil langsung ke BKPSDM Aceh Selatan di Tapaktuan,  disebabkan jarak tempuh, waktu, kesehatan, keamanan, biaya transportasi dan biaya makan di perjalanan. 

Kondisi seperti ini umumnya banyak di alami oleh PNS yang bertugas di daerah terpencil, jauh dari ibukota Kabupaten, terutama tenaga pengajar dan tenaga kesehatan yang tidak mungkin meninggalkan tugas pada jam dinas untuk mengambil dokumen kepegawaian ke Tapaktuan.

“Program kerja  pelayanan Durasi  ini berupa penjemputan berkas usulan berbagai administrasi Kepegawaian  di masing-masing Kecamatan yang telah ditetapkan dengan SK dan Jadwal Pelayanannya oleh Kepala BKPSDM  Aceh Selatan,” jelas Munharsam.

Setelah diproses di BKPSDM Aceh Selatan, seluruh Dokumen Kepegawaian yang telah selesai diproses akan didistribusikan melalui PT. Pos Indonesia  ke alamat  tempat bertugas PNS tersebut. Sehingga seluruh PNS yang bertugas di Kecamatan tidak harus datang ke BKPSDM untuk mengantar berkas.

“Dokumen kepegawaian yang di telah  diusulkan akan  selalu di informasikan kepada PNS melalui portal Group WA Pelayanan Durasi sehingga PNS dapat mengetahui  sejauh mana sudah prosesnya berjalan,” ucapnya.

Ia menambahkan, yang  penting untuk dicatat bahwa semua layanan yang  diberikan ini tidak dipungut biaya apapun. “Karena tujuan layanan inovasi Durasi ini adalah untuk mewujudkan pelayanan prima (excellent service),” imbuhnya. (Ran)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*