BNNK Aceh Selatan Rehabilitasi Pecandu Narkotika

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Aceh Selatan rehabilitasi pecandu dan penyalahgunaan Narkotika. Sedikitnya sudah 15 orang sedang menjalani rehab jalan di Klinik Pratama BNNK Aceh Selatan, jalan Tgk. Chik Di Tiro, Gampong Jambo Apha, Kecamatan Tapaktuan.

Kepala BNNK Aceh Selatan, Nuzulian, S.Sos kepada wartawan di Tapaktuan, Kamis (14/12/2017) mengatakan, 15 pecandu maupun korban Narkotika yang positif sebagai pemakai ini wajib menjalani rehabilitas rawat jalan.

“Dengan kesadaran sendiri, mereka datang ke Klinik Pratama BNNK untuk menjalani rehab. Karena tempat rawat inap belum tersedia, mereka hanya menjalani rawat jalan,” katanya.

Kepala Sesi (Kasi) Rehabilitasi BNNK Aceh Selatan, Marziati, S.Kep menjelaskan, sebanyak 15 orang yang menjalani rehab jalan itu berasal dari Tapaktuan, Samadua, Labuhanhaji dan sejumlah kecamatan lainnya.

“Rehabilitasi yang dijalani pecandu atau korban penyalahgunaan narkotika ini dilakukan 8 – 12 kali pertemuan,” jelasnya.

Ia melanjutkan, jika pasien pecandu narkoba yang menjalani rawat jalan itu tidak datang ke Klinik Pratama, petugas BNNK Aceh Selatan akan mendatangi rumah yang bersangkutan.

“Soalnya kita ingin, setiap yang telah menjalani rehabilitasi ini betul – betul menjauhi narkotika. Seharusnya mereka ini menjalani rehab rawat inap,” ucapnya.

Tetapi, sambungnya, tempat rawat inap ini hanya tersedia di Banda Aceh dan Medan, Sumatera Utara, menjadi kendala bagi pecandu narkotika untuk menjalani pengobatan rawat inap.

“Rawat jalan ini, kita tidak tahu perkembangan pencandu saat berbaur dengan lingkungannya, bisa saja mereka kembali memakai, sehingga sulit untuk disembuhkan dari ketergantungan zat akdetif itu,” sebutnya.

BNNK Aceh Selatan selama ini telah mengsosialisasikan tentang rehabilitas pecandu narkotika kepada masyarakat. Juga mengadakan rapat koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan.

“Mengenai rehabilitasi telah kita koordinasikan dengan BLUD RSU YA Tapaktuan maupun dengan Puskesmas Lhok Bengkuang. Kedepan kita berharap Puskesmas Lhok Bengkuang bisa melayani pengobatan terhadap pecandu narkotika di daerah ini,” harapnya. (Ran)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*