BUMG Sumber  Ekonomi Gampong Dimasa Depan

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) yang telah terbentuk di seluruh gampong di Kabupaten Aceh Selatan, berpotensi bakal menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat gampong.

“Untuk mewujudkan hal itu, maka Keuchik dan Ketua BUMG perlu mengikuti pelatihan  peningkatan kapasitas BUMG,” kata   Ketua Forum Keuchik Aceh Selatan, Dhamer Syam, ST kepada Aceh Selatan News, Kamis (3/8/2017).

Selain mengikuti pelatihan di Medan, lanjutnya, para Keuchik dan Ketua BUMG juga mengujungi tempat usaha yang telah berhasil menerapkan BUMD (Badan Usaha Milik Desa) di Desa Saentis, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk kita terapkan dalam pengembangan BUMG di masing-masing gampong di Aceh Selatan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pelatihan itu sendiri di fasilitatori oleh  LP3MD Medan dan bekerjasama dengan Fakultas Hukum Unsyiah. Sebanyak 174   Keuchik dan Ketua BUMG di Aceh Selatan yang telah mengikuti pelatihan .

“Gelombang pertama di ikuti 84 kontingen dan gelombang ke dua diikuti 90 kontingen,” jelasnya.

Dhamer Syam menambahkan, hasil pelatihan itu nantinya akan di terapkan di masing-masing gampong di Aceh Selatan sesuai potensi di yang ada di gampong. Agar kehadiran BUMG benar-benar menjadi sumber ekonomi di masa depan.

“Pelatihan itu tidak hanya mendengar nara sumber menjelaskan materi, tetapi pengurus BUMG yang telah mengikuti pelatihan, nantinya akan ditinjau langsung oleh Tim,” imbuhnya.(Ran)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*