Bupati Tinjau Kebun Pala Warga Air Pinang

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra, SH meninjau langsung lokasi kebun pala milik warga Gampong Air Pinang, Kecamatan Tapaktuan, Sabtu (5/8/2017).

Saat meninjau kebun pala milik warga yang tergabung dalam kelompok tani Lubuk Karang di Gampong Air Pinang itu, bupati Sama Indra turut didampingi istri, Hj. Cut Harnailis, SP, Sekdakab, H. Nasjuddin, SH, MM beserta istri, para Kepala SKPK dan Camat Tapaktuan, Yulmainar, SE.

Peninjauan kebun pala tersebut dirangkaikan dengan kegiatan syukuran, agar pohan pala yang telah ditanam di kawasan perkebunan pala itu dijauhi dari hama penyakit.

Di sela-sela peninjauan kebun pala, Bupati Sama Indra mengharapkan kepada kelompok tani pala Lubuk Karang Air Pinang supaya betul-betul merawat kebun pala.

“Bila ada penyakit pala harap diobati dengan obat alami dan jangan memakai bahan kimia, sesuai seperti yang telah disampaikan oleh ahli hama penyakit pala Profesor Loekito dari Universitas Soedirman Prwokerto Jateng,” harapnya.

Karena, lanjutnya, perwakilan kelompok tani pala sudah pernah dilatih oleh tim dari Prof Loekito beberapa bulan lalu.

“Silahkan nanti ilmu yang telah didapat dari pelatihan itu, dibagi dan disosialisasikan kepada anggota kelompok lainnya. Nanti Dinas Pertanian akan selalu membantu dan memandu kelompok tani pala demi peningkatan kesejahteraan masyarakat kita,” ujarnya.

Selain itu, bupati juga mengatakan, nanti jalan Gampong Air Pinang akan dibangun melalui dana DAK tahun 2018 lewat dinas PUPR. Jalan itu nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, sehingga akan meningkatkan nilai ekonomi dari hasil tani setempat.

“Kita juga akan membantu pembangunan Mesjid Gampong Air Pinang melalui Dinas Syariat Islam pada APBK Tahun 2018,” sebutnya, seraya berharap agar masyarakat Gampong Air Pinang menjaga kekompakan, persatuan, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.(Ran)

Komentar