Cendikia Muda Aceh : Kesadaran Taat Lalu Lintas di Abdya Masih Rendah

Trafich ligt Abdya (foto : ant)
Trafich ligt Abdya (foto : ant)

Aceh Selatan News | Blangpidie – Kesadaran Masyarakat di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tentang pentingnya tertib berlalu lintas ternyata masih rendah.

Koodinator Lembaga Cendekia Muda Aceh Cabang Abdya Rahmad Hidayat menilai kondisi tidak disiplinnya pengendara sangat membahayakan pengguna jalan itu sendiri,” sangat di sayangkan jika masyarkat di Kota Blangpidie terus meyepelekan aturan aturan Lalu Lintas yang telah di terapkan pihak terkait,” Ujarnya saat dihubungi via telepon Soluler Kamis (14/1/2016).

Ia menambahkan, Trafflic Light yang sudah di pasang dibeberapa simpang di Abdya terkesan mubazir.

Hal tersebut terlihat dari masih banyaknya pengendara roda dua maupun roda empat yang dengan sengaja menerobos lampu merah sehingga menyebabkan lalulintas amburadur serta menjadi faktor seringnya Kecelakaan.

Masih menurut Rahmad, hal yang paling utama harus di lakukan oleh pihak kepolisian adalah memberikan sosialisasi yang merata kepada masyarakat akan bahaya yang akan mereka hadapi ketika menyepelekan aturan lalu lintas ” Saya berharap kepada seluruh instansi terkait untuk melakukan perhatian khusus guna menekan angka kecelakaan di kabupaten Abdya,” Terangnya.

Tindakan melakukan Razia kendaraan di beberapa titik di wilayah Abdya menurutnya kurang signifikan dalam menekan angka pelanggaran lalu lintas.

“ Perlukan upaya disektor lain demi menciptakan masyarakat yang taat akan aturan lalu lintas,”pungkasnya.

Dalam aturan berkendara jelas tertera dalam pasal 106 ayat 4 UU Nomor 22 Tahun 2009 yang berbunyi bahwa setiap kendaraan wajib mematuhi rambu perintah dan rambu larangan.

Pengendara yang coba ditanyai media acehselatan.com saat melintas, Salmeri (29) warga Blangpidie, mengatakan bahwa kebiasaan menerobos lampu merah sering kali ia lakukan saat pihak kepolisian tidak berada di sekitar area lampu Traffic Light, ” Saya memang sering menerobos lampu merah namun hal itu saya lakukan saat tidak ada pihak kepolisian di lokasi Traffic Light,” Akunya.

Salmeri hanya salah satu yang melakuakan pelanggaran tersebut menurut amatan acehselatan.com banyak para pengendara yang enggan berhenti walaupun dengan jelas lampu merah sedang menyala.(sam)

Komentar