Dana Pemakmue Gampong Aceh Selatan capai 12,4 M




Aceh Selatan News | Tapaktuan – Kabupaten Aceh Selatan mendapatkan bantuan keuangan pemakmue gampong sebesar 12,4 milyar rupiah, juga tersedia Alokasi Dana Gampong (ADG) Rp.8,684 milyar. Selain itu bantuan Pnpm-Mandiri Perdesaan dari pemerintah pusat plus Dana Daerah Urusan Bersama (DDUB) dari Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan tahun anggaran 2013 untuk 17 kecamatan mencapai 20,3 milyar rupiah, Kata Bupati Aceh Selatan, HT. Sama Indra dalam pidatonya selepas melantik enam keuchik baru dalam kecamatan Kluet Timur di kantor camat setempat, Rabu (3/7).

“Keseluruhan dana tersebut, bertujuan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat dalam rangka menanggulangi kemiskinan serta menumbuhkan kemandirian pedesaan dengan semangat gotong royong,” Paparnya, Dia berpesan, agar seluruh bantuan harus dikelola secara transparan, akuntabel, tepat sasaran dan dapat dipertanggung-jawabkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ditambahkannya, para keuchik harus mempunyai pengetahuan tentang perencanaan partisipatif, pemberdayaan dan pengembangan ekonomi masyarakat, administrasi pemerintahan gampong, kelembagaan gampong, pelayanan masyarakat serta bagaimana mengelola keuangan atau kas gampong secara benar, guna memacu percepatan pembangunan di gampong. “Saya yakin hal tersebut sudah saudara sekalian miliki, karena para keuchik yang dilantik hari ini, adalah putra terbaik di gampongnya masing-masing, tuturnya.

Namun perlu diingat, keuchik memiliki tanggung jawab besar sebagai pengambil keputusan ditingkat pemerintahan gampong. Karenanya, para keuchik yang baru dilantik sebagai ujung tombak pemerintah, agar dapat meningkatkan kecakapan, kapasitas dan kompetensi, sehingga berbagai program dan kebijakan mampu terimplementasikan dilapangan secara sempurna.

Bupati melantik 6 Keuchik dalam kecamatan Kluet Timur selepas mencanangkan bulan bakti gotong royong di kecamatan Kluet Selatan dan acara pelantikan tersebut, turut dihadiri para kepala Badan, Kantor dan Dinas jajaran Setdakab Aceh Selatan serta unsur Muspika, tokoh masyarakat dan pemuka agama setempat. (Red/Pemkab)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*