Dewan Aceh Selatan Dukung Penguatan BUMG




Aceh Selatan News | Tapaktuan – Komisi D DPRK Aceh Selatan mendukung program penguatan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) yang sedang dilaksanakan oleh 260 desa di Aceh Selatan, Hal itu disampaikan Alja Yusnadi S.TP anggota komisi D usai menggelar rapat kerja dengan sejumlah kepala SKPK di ruang Banmus DPRK setemapat, Selasa (12/9/2017).

“Secara subtansi komisi D mendukung penguatan BUMG karena ini merupakan amanah Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa,” kata Alja.

Menurut Alja, Penguatan BUMG mempercepat kemandiriaan desa seperti yang menjadi amanat Undang-Undang.

“Karena dengan jalannya BUMG bisa mempercepat kemandirian masyarakat desa. Ini perlu terus didukung oleh Pemkab Aceh Selatan,” harap politisi PDI-P tersebut.

Dari keterangan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Aceh Selatan, Emmifizal SP kepada tim Pansus, mengatakan pelatihan direktur BUMG dan Keuchik yang ke Medan beberapa waktu lalu adalah keputusan desa itu sendiri, Pihak DPMG hanya mendapingi saja.

“Terkait isu pemaksaan program pelatihan BUMG oleh DPMG telah dijelaskan oleh Kadis bahwa mereka tidak pernah memaksakan, DPMG hanya merekomendasikan program dari pusat dan mendampinya,” kata Alja.

“Untuk penganggarannya sepenuh kewenangan desa untuk mengganggarkan. Sejauh ini dugaan penggunaan pemaksaan kebijakan tidak ditemukan,” pungkas Alja Yusnadi.(Iy)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*