Dinas Pendidikan Abdiya Selenggarakan Job Training Untuk Pemuda Putus Sekolah

IMG-20131130-00341Aceh Selatan News | Abdiya – Dinas Pendidikan Aceh Barat Daya menyelenggarakan Job Training Welding, bertempat di  Workshop Teknik Las SMKN 1 Babahrot.  Hingga saat ini sudah memasuki minggu ke tiga, kegiatan tersebut masih berlangsung semangat dan tertib.

Job Training Welding tersebut diikuti oleh 36 peserta, yang terdiri dari pemuda pemuda putus sekolah dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya, dan dibagi dalam 3 gelombang, sedangkan pelaksanaanya berlangsung selama satu bulan.

Para perserta diberikan materi mengenai Pengenalan Alat dasar perbengkelan, Keselamatan dan kesehatan bekerja, pemahaman gambar sebelum melakukan praktek pengelasan yang dibimbing oleh instruktur yang kompeten. Setiap peserta mendapatkan safty equipment berupa kaca mata las, sarung tangan las, sepatu safety, aprom (baju anti panas) dan  masker.

Job sheet yang dikerjakan langsung dipilih oleh peserta setelah memahami materi pengantar yang diberikan oleh para instruktur. Diantara job sheet yang menjadi pilihan peserta seperti meja dengan beragam jenis dan kursi seperti kursi santai di cafe, kursi belajar dan lainnya.

Lahmudin, salah satu peserta mengatakan pelatihan tersebut merupakan modal yang beharga untuk merintis usaha sendiri nantinya. “Training ini membuat semangat saya tumbuh kembali karna diberikan bekal ilmu dan peralatan untuk berwira usaha sendiri. Alat yang diberikan bisa buka bengkel las sederhana di sekitar rumah” ungkap Lahmudin.

Secara terpisah  Kepala Dinas Pendidikan Aceh Barat Daya, Hamdizal, S.Pd menjelaskan, program tersebut bertujuan untuk membuka wawasan sekaligus menumbuhkan minat berwira usaha di tengah-tengah masyarakat, dan membangun sikap mental yang tangguh berdasarkan potensi pribadi dan menyatu dengan masyarakat dan lingkungan. Ketiga, meningkatkan kecakapan dan ketrampilan dalam membangun dan mengelola usaha. (red)

Komentar