Dinsos Asel  Tangani Bayi Yang Dibuang di Labuhahaji Timur

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Dinas Sosial Aceh Selatan tangani  bayi perempuan yang dibuang orang tidak bertanggung jawab diemperan rumah toko (ruko) di kawasan Gampong Kemumu Hilir, Kecamatan Labuhanhaji Timur,  Senin 1 Januari 2018, kemaren.

Kepala Dinas Sosial Aceh Selatan, Drs. Musni Yacob kepada Aceh Selatan News di Tapaktuan, Selasa (2/1/2017) mengatakan, bayi tersebut   sudah dalam pengawasan Dinas Sosial dan  sekarang sedang dalam perawatan  di Puskesmas Peulumat, Kec. Labuhanhaji Timur.

“Tadi Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Pelayanan Sosial, ibu Karmila Tinur sudah menjumpai pihak Puskesmas untuk membicarakan penyerahan bayi tersebut kepada Dinas Sosial,” ujarnya.

Sementara, Sakti Peksos Perlindungan Anak/PKSA  Dinas Sosial Aceh  Selatan, Yuliana Fitri, S.Psi  menyatakan, kasus pembuangan bayi di Gampong Kemumu Hilir itu sudah dalam penyelidikan polisi.

“Pengalihan penanganan bayi tersebut oleh Dinsos karena banyaknya warga yang ingin memiliki. Bahkan sudah puluhan warga yang mendaftar baik dari Aceh Selatan maupun dari Nagan Raya,” ujarnya.

Ia melanjutkan, nanti setelah diserahkan oleh pihak Puskesmas Peulumat kepada Dinsos selanjutnya bayi malang itu akan dirawat oleh ibu asuh dalam Kec. Tapaktuan.

“Mengenai adopsi bayi, harus terlebih dahulu melalui prosedur, karena setiap bayi yang telah dibuang atau ditelantarkan oleh orang tuanya, sudah menjadi milik negara,” jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bayi  diperkirakan masih berumur satu hari tersebut ditemukan Anis (48),   warga Kemumu Hilir di emperan rumah toko di lintasan Tapaktuan – Blangpidie.

Saat ditemukan, bayi malang tersebut dalam kondisi berlumuran darah disebabkan tidak terikatnya tali pusat selepas dipotong. Sejauh ini, pelaku yang tega membuang bayi tersebut belum diketahui. (Ran).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*