Dispora Asel Gelar Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pemuda




Aceh Selatan News | Tapaktuan – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabuapten Aceh Selatan menggelar kegiatan pelatihan kewirausahaan pemuda yang berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 12 hingga 14 September di Aula Dispora Tapaktuan.

Penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan dilaksanakan mengingat tingginya angka pengangguran dari berbagai kalangan, sehingga perlunya adanya gebrakan baru supaya para sarjana muda yang telah menyelesaikan pendidikan tidak harus menjadi PNS atau Karyawan, tidak hanya sebagai pencari kerja, tapi juga bisa menyusun rencana masa depan menjadi pembuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Hal itu disampaikan Muzakir, S.Sos, Kabid Kepemudaan, yang juga sebagai ketua pelatihan kewirausahaan, kepada Aceh Selatan News, Kamis (14/9/2017).

Menurut Muzakir, pelatihan kewirausahaan pemuda baru kali pertama diseleggarakan di Aceh Selatan yang diikuti 60 orang peserta dari lima kecamatan, yaitu dari Kecamatan Samadua, Pasie Raja, Sawang, Meukek dan Labuhanhaji Timur.

“Tiap-tiap Kecamatan kita pilih 12 orang pemuda yang akan kita latih ilmu kewirausahaan, dan batas umur peserta dari 18 sampai 30 tahun,” ungkap Muzakir.

Pelatihan kewirausahaan tersebut membuka peluang kepada para peserta untuk mengembangkan kreatifitas masing-masing mereka, dengan melahirkan inovasi-inovasi baru dalam dunia usaha.

“Degan kegiatan ini kita melatih ilmu kewirausahaan supaya nantinya tercipta pemuda yang mandiri yang mampu menyediakan pekerjaan untuk orang lain,” ulas Muzakir

Lebih jauh dijelaskan, dalam pelatihan ada dibentuknya grup diskusi, hal ini bertujuan untuk membicarakan setiap kendala yang dihadapi para peserta dalam pengembangan usaha mereka.

“Degan adanya kita buat grup dan kelompok, ini akan lebih memudahkan, karena pelatihan selama tiga hari ini tidak cukup tanpa kita bimbing dan saling memberikan masukan,” tutupnya.(Azk)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*