Pemerintahan /  -

DPD Asel Akan  Gelar  Muzakarah Ulama Dayah

Oktober 17th, 2017 | Posted in Pemerintahan, Religi | |
2017-11-24 22:19

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Dinas Pendidikan Dayah (DPD) Aceh Selatan bakal menggelar  muzakarah Ulama Dayah (Pesantren) se-Aceh Selatan akhir Oktober 2017 mendatang, sekaligus  menyambut Hari Santri Nasional (HSN).

Kepala DPD Aceh Selatan, Drs. H. Yahya Azmar, MM kepada Aceh Selatan News di Tapaktuan, Senin (16/10/2017) kemarin, mengatakan, pelaksanaan kegiatan muzakarah Ulama Dayah dalam rangka menyambut HSN Tahun 2017.

“Kegiatan muzakarah nanti akan kita undang tutor dari Banda Aceh dan akan diikuti seluruh pimpinan dayah,  guru dan santri dayah se Aceh Selatan  dengan jumlah 600 orang lebih,” ujarnya.

Ia melanjutkan, tujuan pelaksanaan muzakarah adalah untuk menyatukan presepsi dan mencari pormulasi penentuan jadwal awal Ramadhan serta 1 Syahwal 1439 H.

 Karena mengingat pengalaman tahun sebelumnya, tidak ada satu kekompakan  antara pimpinan dayah dalam menentukan awal puasa Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

 Sehingga akibat beda presepsi dalam menentukan awal Ramadahan tersebut menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Karena masyarakat di suatu  tempat dengan masyarakat di suatu tempat lainnya  tidak sama melaksanakan awal Ramadhan.

“Maka, dengan adanya muzakarah Ulama Dayah nanti, mudah-mudahan pimpinan dayah dapat menyatukan presepsi penentuan jadwal awal Ramadhan,” ucapnya.(Ran)

 

Komentar

©2015 Kompoz is version 4.0 Powered by Wordpress beautified by Dewaz. All Rights Reserved.