DPMG Aceh Selatan : Dana Desa Cair Sebelum Lebaran




Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Emmifizal SP
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Emmifizal SP
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Emmifizal SP

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Selatan, Emmifizal SP meyakini realisasi dana desa tahun 2017 tahap pertama cair sebelum lebaran.

“Saya yakin ini bisa cair semua sebelum lebaran tinggal saja kesiapan masing-masing desa untuk mengusulkan pengajuan,” kata Emmifizal kepada Aceh Selatan News, Selasa (6/6/2017) di Tapaktuan.

Hingga hari ini sebanyak 87 desa dari 260 desa sudah memasukkan pengusulan. Bahkan menurut Emmifizal ada kecamatan yang seluruh desa memasukkan pengusulan.

“87 Desa sudah mengajukan pengusulan untuk Trumon sudah lengkap dari 12 desa sedangkan kecamatan yang lain ada belum lengkap,” beber Emmifizal.

Tahap pertama desa mengusulkan pencairan dari bulan Januari hingga Juli 2017.

“Bagi desa yang sudah menyiapkan pengusulan kita sudah usulkan untuk pembuatan SP2D ke Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) selanjutnya pencairan itu langsung dari BPKD langsung melakukan transfer ke desa masing-masing,” ungkapnya.

Pencairan itu meliputi dana desa (DD) dari pemerintah pusat, alokasi dana desa (ADD) dari pemerintah daerah dan dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah.

“Sistem pengusulan dipisah langsung ada tiga sumber anggaran yakni APBN, APBK dan perolehan bagi hasil pajak.”

Kepala DPMG mengapresiasi cepatnya perangkat desa menyelesaikan pengusulan, menurut Emmifizal ini sebagai indikasi perangkat desa telah mengerti dan paham dalam mengelola anggaran yang dikucurkan.

“Tahun ini desa lebih responsif setelah menerima peraturan Bupati (Perbub) yang kita berikan langsung membuat pengusulan. Ini berkat pelatihan-pelatihan yang terus kita buat sehingga perangkat desa benar-benar memahami tata kelola keuangan desa,” demikian Emmifizal.(Iy)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*