DPRK Bireuen Desak Pemerintah Pusat Perlebar Ruas Jalan Nasional




Pohon Pisang Terlihat Di Tanam Di Pinggir Jalan Nasinal Kawasan Kutablang, Bireuen Beberapa Waktu Lalu. TARMIZI A. GANI.Aceh Selatan News | Bireuen  – Jalan kawasan Kutablang, Bireuen rawan kecelakaan hal in disebabkan jalan yang sempit dan berlobang. Bahkan sudah sangat sering terjadi kecelakaan, apalagi ketika musim hujan, ruas jalan nasional berlobang digenangi air hujan, sangat menyusahkan pengendara.

Wakil Ketua DPRK Bireuen Atahillah M Saleh, mendesak Pemerintah untuk segera melakukan pelebaran ruas jalan nasional Medan-Banda Aceh, khususnya di kawasan Kutablang. Karena ruas jalan nasional tersebut tampak makin sempit dan berlobang. Sedangkan  jumlah kendaraan yang melintas terlihat tidak sepadan dengan lebar jalan.

“Seingat saya ruas jalan nasional kawasan Kutablang dibangun oleh PT Marjaya lebih dari 25 tahun lalu, namun hingga kini belum ada perbaikan, sementara jumlah kendaraan yang melintas di ruas jalan nasional tersebut makin tinggi dan padat, sehingga tidak sepadan lagi dengan ruas jalan yang semakin sempit,” kata Atahillah.

Masih menurutnya, Untuk mencegah genangan air, selain pelebaran jalan, juga harus dibangun saluran pembuang yang memadai agar tidak terjadi genangan.

“Tidak salah kalau masyarakat menanam pohon pisang di jalan yang berlobang itu, untuk memberi tanda bahaya, karena itu kami mendesak, pemerintah pusat untuk segera melakukan pelebaran ruas jalan nasional kawasan Kutablang,” tegas Atahillah yang juga wakil rakyat dari daerah pemilihan Kutablang.

Dikatakan Atahillah, ruas jalan nasional kawasan Kutablang yang semakin sempit tersebut, sudah kurang layak pakai. Selain itu, letak jalan sudah sangat rendah dari bangunan yang ada di kiri kanan jalan. “Sekarang ini kondisi jalan nasional sudah sangat rendah dari bangunan, sehingga air hujan meruah ke badan jalan,” katanya.

Menanggapi hal tersebut diatas, Bupati Bireuen Ruslan M Daud menambahkan, tahun ini Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2016, akan membangun ruas jalan Pasar Kutablang. “Tahun ini kita sudah menganggarkan dana untuk membangun jalan pasar Kutablang,” kata Ruslan.

Ruslan mengajak masyarakat untuk sama-sama mendukung pembangunan ruas jalan pasar Kutablang yang akan segera dibangun dalam tahun ini. “Selain jalan pasarr, kita juga akan merenovasi kawasan pasar Kutablang,” katanya.

Hal itu juga dibenarkan Atahillah. Wakil Ketua DPRK Bireuen tersebut mengaku sangat bangga kepada bupati Ruslan yang telah menganggarkan dana untuk membangun jalan pasar Kutablang. “Kita juga berharap kepada Pemerintah Pusat untuk memperlebar jalan nasional agar sama-sama dibangun dengan jalan pasar Kutablang,” pungkasnya.(Tag)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*