Drama Klosal Perjuangan Teuku Umar Meriahkan HUT TNI Ke 72

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Penampilan drama Klosal perjuangan pahlawan Aceh yang ditampilkan sanggar seni binaan Yonif 115/Macan Lauser meriahkan HUT TNI ke 72 tahun 2017 yang diselenggarakan Kodim 0107/Aceh Selatan, bertempat di lapangan sepak bola lapangan naga, Kecamatan Tapaktuan, Kamis (5/10/2017).

Drama Kolosal Perjuangan merupakan bagian dari serangkaian acara dalam memeriahkan HUT TNI ke-72 selain penampilan marching band dan pasukan defile yang memukau ratusan penonton.

Dihadapan sejumlah pejabat daerah dan ratusan penonton yang memadati tribun utama dan lapangan, pementasan drama klosal tentang perjuangan para pahlawan Aceh saat melawan Belanda menjadi tontonan menarik saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-71 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Perlu diketahui, drama tersebut berkisah tentang perjuangan pahlawan Aceh yang sangat ditakuti penjajah Belanda yaitu Teuku Umar dalam mempertahankan Tanah Pusaka dari penjajah Belanda. Dalam cerita itu, Teuku Umar seorang yang sangat dicintai rakyat dan pemberani mengobarkan  semangat para pejuang Aceh untuk tidak takut mati dalam mempertahankan nusa, bangsa, dan agama. 

Dikisahkan, pada sebuah pertempuran sengit, Teuku Umar akhirnya gugur setelah peluru Belanda menembus tubuhnya. Namun tidak patah arang dan putus asa genderang perang terus didengungkan. Sehingga istrinya Cut Nyak Dien mengambil alih perjuangan, kepemimpinan beliau (Cut Nyak Dien) ternyata tidak kalah hebatnya dengan Teuku Umar.

Dengan sikap tegasnya, ia tidak mau tanah nenek moyang dikuasai penjajah Belanda. Tak ada pilihan lain selain perang mengusir para penjajah di bumi Aceh. Perang terus berlanjut hingga diproklamirkan kemerdekaan oleh presiden Soekarno.

Tidak hanya itu, kemeriahan HUT TNI ke 72 juga diselimuti dengan penampilan luar biasa Marching Band dengan corak wajah ditutupi samaran ala TNI serta tontonan derap langkah pasukan defile TNI, Polri, Satpol PP, FKPPI dan gabungan pramuka, pelajar serta mahasiswa Aceh Selatan.

“Saya sangat bangga dan senang dengan kemeriahan HUT TNI kali ini, semua elemen bersinergi mensukseskan jalannya acara, semoga TNI semakin dicintai rakyat,” ungkap Dandim Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto selepas acara.

Dandim Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto juga mengucapkan ribuan terimakasih kepada sanggar seni drama Kolosal yang sudah memberikan penampilan yang begitu memukau.

“Ini menggambarkan bahwa masyarakat Aceh Selatan memiliki semangat nasionalisme tinggi, sangat menghormati dan menghargai jasa para pahlawan, semoga TNI dan Rakyat akan terus melanjutkan perjuangan ini dengan sebaik-baik dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cinta, selamat ulang tahun, Dirgahayu TNI semakin Jaya,” tutup Dandim.(Hs)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*