IT /  -

e-KTP Jadi Bahan Lucu-lucuan di Internet, Hati-hati Penipuan

September 2nd, 2013 | Posted in IT | |
2017-11-25 03:47

e-ktp-online-130902bAceh Selatan News | Jakarta – Proyek pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) banyak mendapat kritik karena menghabiskan dana hingga triliunan rupiah. Sosialisasinya juga terbilang lambat. Tak heran jika banyak pihak yang menilai bahwa ada yang ‘tidak beres’ pada proyek ini.

Mungkin karena itulah, e-KTP dijadikan bahan ‘kreativitas’ olok-olokan di dunia maya. Sebuah website pun dibuat, isinya tentang ajakan untuk mengecek apakah data e-KTP Anda sudah terdaftar. Di bagian bawah halaman website terdapat pesan:”Jika data Anda tidak keluar, berarti Anda belum terdaftar atau e-KTP Anda sudah rusak chipnya”.

Proses pengecekannya sederhana. Tim Tekno Liputan6.com mencobanya dengan menginputkan data asal-asalan. Pengunjung hanya perlu memasukkan data nama, jenis kelamin, provinsi dan kabupaten/kota saja, lalu klik tombol ‘Kirim’ untuk melakukan pengecekan.

Setelah melakukan pengecekan, sistem akan menampilkan data KTP beserta fotonya. Namun jangan kaget jika yang muncul bukanlah KTP asli, namun KTP palsu dengan foto orang utan.

Seperti yang tertulis di website tersebut, web ini hanya dijadikan bahan lucu-lucuan. “Tidak bermaksud menyinggung siapapun dan data yang diinput tidak akan direcord,” tulis situs tersebut.

Bukan Website Asli e-KTP

Jika Anda teliti, nama web tersebut menggunakan embel-embel kata cektkp. Dilihat dari nama domain, jelas ini bukan website untuk mengecek KTP.

Namun demikian, waspadai penipuan. Web tersebut memang hanya meminta data nama, jenis kelamain, provinsi dan kabupaten/kota saja. Namun jika data-data pribadi diminta, seperti nomor KTP dan tanggal lahir, Anda patut mewaspadainya dan jangan input data sembarangan. Sebab bisa saja data-data yang Anda input disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk tindak-tindak kriminal seperti pembuatan kartu kredit palsu.(liputan6)

Komentar

©2015 Kompoz is version 4.0 Powered by Wordpress beautified by Dewaz. All Rights Reserved.