Rabu, 22 Oktober 2014
NEWS TICKER
Caleg PNA Aceh Selatan Diberondong Peluru Hingga Tewas »  Di Jalan Gajah Mada Medan, Sejenak Bersama PSK Asal Aceh »  Pemkab Aceh Selatan Tahun Ini Buka Penerimaan CPNS Formasi Umum dan Guru »  Perubahan bentuk tubuh Maharani sejak Kenal Fhatanah »  Pengumuman Hasil Kelulusan UN SMA 2013 »  Memakai Emas Berbahaya bagi Kesehatan Pria, Bahkan bisa Mandul »  Gambar penis muncul di siaran langsung televisi Republik Ceko »  Foto Syur Beredar, Briptu Rani Terancam Dipecat »  Mobil Pengantar Koran Serambi Terjun ke Laut »  Sosok Adi Doles Sang Rapper Aceh »  Polisi Tangkap ‘Nek Rayeuk’ Pemilik Sabu dan Senpi di Trumon Timur »  Bupati Aceh Selatan Mutasi Pejabat Eselon II dan Eselon III »  Dipaksa Telan Permen, Tujuh Siswa SMAN 2 Kluet Utara Kritis »  Daftar Nama Anggota DPRK Aceh Selatan Priode 2014/2019 »  Adik Bunuh Abang Kandung di Kluet Timur »  Kapolsek Birem Bayeun Seorang Wanita Cantik »  Putri Aceh Selatan Jadi peserta Indonesia Youth Forum »  Diduga stres, Adaini Gorok Leher Ibu Mertua Abagnya Hingga Putus »  Polisi Masih Buru Pelaku Penembakan Caleg PNA Aceh Selatan »  Tiga Puluh Orang Kuota CPNS Aceh Selatan » 
 
Home » Terkini » News » Peristiwa » Gempa 6,2 SR Guncang Tanoh Gayo
PERISTIWA

Gempa 6,2 SR Guncang Tanoh Gayo

Rabu, 3 Juli 2013 - 458 Kunjungan
Foto Atjehpost.com

Foto Atjehpost.com

Aceh Selatan News | Gempa Gayo - Gempa berkekuatan 6,2 Skala richter menguncang Tanoh Gayo, Selasa 2 Juli 2013, pukul 14.37 Wib. Akibatnya puluhan orang meninggal dan ratusan orang lainnya mengalami luka – luka. Gempa juga mengakibatkan kerusakan pada sejumlah fasilitas publik dan rumah warga di dataran tinggi tersebut.

Ratusan korban gempa sesaki Rumah Sakit Umum (RSU) Datu Beru Takengon dan Rumah Sakit Muyang Kute Redelong. Para medis terpaksa bekerja ekstra keras dalam menangani pasien yang terus berdatangan bahkan beberapa pasien terpaksa di rawat di luar ruangan di karenakan kapasitas ruangan IGD yang sesak.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa tersebut terjadi pada koordinat 4,70 LU, 96,61 BT km barat daya Bener Meriah dengan kedalaman 10 kilometer.

Kepala Biro Humas Setda Aceh Nurdin F Joes, mengatakan, gempa Gayo sudah ditetapkan sebagai darurat bencana provinsi. Hal ini disampaikan Nurdin mengutip pernyataan kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Jarwansyah, Rabu 3 Juli 2013.

“Darurat bencana provinsi ditetapkan selama empat belas hari sejak 3 Juli 2014 sampai 17 Juli 2014,” sebut F Joes.
Gempa yang terjadi pada Selasa siang itu mengakibatkan terputusnya jaringan telekomunikasi dan Internet. Kondisi ini membuat komunikasi sempat tak bisa dilakukan.

Pemerintahan Kabupaten Bener Meriah menyiapkan bantuan masa panik bagi para warga korban terdampak gempa. Daerah terparah yang mengalami kerusakan adalah Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah.
Hingga kini bantuan terus mengalir untuk korban gempa di Tanoh Gayo, Selain dari Pemerintah Aceh, bantuan juga disalurkan oleh LSM, Komunitas – Komunitas dan masyarakat.[]

Related Post