Green House Petakan Potensi Daerah

diskusi yang di gelar di Green House.
diskusi yang di gelar di Green House.
diskusi yang di gelar di Green House.

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Diskusi menyingkap potensi, tantangan dan peluang digelar di green house atau warung informasi masyarakat yang terletak di gampong Kapeh, Kecamatan Kluet Selatan. Selasa (2/2/2016) kemarin.

Dalam diskusi tersebut dihadiri oleh pemuda dari berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan. Acara berlangsung sederhana membahas potensi diri, lingkungan dan daerah.

Dalam diskusi itu diharapkan para pemuda mengambil peranan dalam pembangunan dan regulasi pemerintahan dari tingkat desa hingga tingkat lanjut.

Ada beberapa topik yang menonjol dalam diskusi seperti pengembangan potensi teknologi informasi,”Saya berharap suatu saat teknologi tidak lagi menjadi sesuatu yang eklusif, dimana setiap orang bisa mengakses internet dari rumah masing-masing dengan cara yang bijak,” ujar Ihsan.

Diskusi dipandu oleh Taufik yang menyelesaikan serjana ilmu komunikasinya di salah satu kampus di Yogyakarta.

Anggota diskusi lain Masri Affandi mengemukan sektor pertanian sebagai potensi yang sangat penting untuk dikembangkan,”sebaiknya potensi ini dimaksimalkan jangan ada lagi lahan tidur, pemerintah atau badan usaha milik daerah juga harus berkontribusi menyiapkan pasar,”ungkapnya.

masih menurutnya, selain potensi pertanian seperti padi dan jagung daerah kita juga memiliki potensi dibidang perikanan.

Peserta lain, Jusrizal melihat penting memperhatikan pengembangan sektor ekonomi melalui pemberdaya perempuan agar mampu berwirausaha sehingga kesetabilan ekonomi tercapai.

Dalam diskusi yang digelar lebih dua jam tersebut juga juga menyinggung sektor pendidikan, seperti dikemukan Riza asmadi ketersedian tempat implementasi kemampuan siswa masih sangat minim diharapkan ini menjadi sorotan serius,”Banyak lulusan SMK itu sudah memiliki keteranpilan baik dibidang otomotif maupun dibidang komputerisasi namun keterbatasan lapangan pekerjaan membuat kemampuan tersebut terbenam begitu saja,” keluhnya dalam diskusi tersbut.

Taufik yang memfasilitasi diskusi tersebut mengajak semua untuk berpikir positif, melakukan hal positif sehingga menghasilkan yang positif pula.

Dalam diskusi yang berlangsung hangat itu dihadiri, Junaisir (wakjhon), Mukmin syahril (Owner Kedai Komputer), Aris Permadi (Guru Olahraga), Riza Asmadi (Guru dan Webmaster), Syahrul Fauzi (Pendamping Lokal Desa), Masri Affandi (Marketing Aceh Selatan News), Jusrizal (Staf di UPK Kluet Selatan), Ihsan Yunadi (Pimred Aceh Selatan News) dan di Fasilitasi Taufik Akbar.

Redaksi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*