Gulai Asam Durian

Acehselatan.com | Kuliner – Gulai asam durian adalah salah satu masakan yang sering kita jumpai jika berada di Aceh selatan pada musim durian tentunya. Pada kesempatan ini kami ingin mengupas cara membuat gulai asam durian.

asam durian

Dibeberapa tempat lainnya (selain Meulaboh, Nagan Raya, Blang Pidie, Aceh Selatan) seperti Banda Aceh, Lhoksemawe dll, Gulai Asam Drien ini tak banyak dikenal oleh masyarakat. Bahkan, tak jarang masyarakat yang tak pernah merasakan masakan ini, merasa “jijik” dan tak suka pada masakan yang satu ini. Ketidaktahuan ini dapat dimaklumi, gulai asam drien ini jauh dikenal di bagian Barat dan Selatan Aceh saja. Dan kemungkinan, ini erat kaitannya dengan singgahnya pendatang dari daerah Padang dulunya  ke wilayah Barat-selatan Aceh. Para pendatang dari Padang inilah yang memberikan sentuhan-sentuhan pada kuliner Aceh diwilayah barat – selatan sehingga memiliki persamaan karakter masakan.

Proses

Kami akan share bagaimana cara memasaknya

Pertama : Siapkan Bahan

1. Santan secukupnya

2. Sayur-sayuran yang diinginkan, biasanya : terung hijau, kacang panjang, daun melinjo, daun tapak leman, Sere (serai), on Krut atau daun jeruk purut. Semua bahan ini dipotong/iris halus-halus.

3. Udang

4. Durian yang difermentasikan, disimpan dalam botol/toples sehingga menjadi asam. Manis juga boleh kok, asal sesuai dengan selera.

 

On Kruet ( daun jeruk purut ) dan bawang merah /putih

Kedua : Siapkan Bumbu yang  dihaluskan

1. 6 siung bawang merah

2. 1 siung bawang putih

3. cabe rawit sesuai selera

4. 3 cabe merah

5. sedikit lengkuas

6. Kunyit 1 setengah cm

Selebihnya bisa ditambah bumbu lainnya yang sesuai dengan selera…

 

potongan terong ijau dan kacang panjang

 

 

Irisan sayur dan bumbu

Cara memasaknya,

Biasa aja seperti biasanya,

Semua bahan ( termasuk durian yang difermentasikan tadi ) dikumpul dalam wadah pemasak lalu diaduk dengan bumbu halus. Letakkan di atas kompor, lalu dimasak dengan santan cair terlebih dahulu. Setelah kira-kira sudah matang setengah, baru santan kental dituang dan tunggu hingga matang.

Cukup sederhana bukan caranya tapi ada kenikmatan luar biasa dibalik ini semua pada musim durian ini sering kita jumpai didaerah aceh selatan kalau berkunjung ke aceh jangan sampai kita melewatkan makanan yang satu ini.(IY)

Tulisan ini pernah di publish di cangkir kupi dan gampong aceh

 

Komentar