HUT RI Ke 72, Bupati Aceh Selatan  Ziarah ke Makam Pahlawan

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra, SH beserta unsur Forkopimda melakukan ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan asal Aceh, Teuku Cut Ali dan Raja Lelo, Rabu (16/8/2017).

Kegiatan ziarah dan tabur bunga dalam rangka Rangkaian Kegiatan HUT RI ke 72 dilaksanakan dalam sebuah upacara di taman makan pahlawan (TMP) Teuku Cut Ali di Gampong Suak Bakung, Kecamatan Kluet Selatan.

Selaku Inspektur Upacara, Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra, SH, Perwira Upacara, Kapten Inf Alfonso dan Komandan Upacara, Kapten Inf Endang.

Kegiatan itu dihadiri Dandim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto, Kapolres AKBP Achmadi SIK, Waka Polres Kompol Sabri, SE, MM, Ketua DPRK T. Zulhelmi, Kajari Munif SH, MH.

Sekdakab, H. Nasjuddin, SH, MM, para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPK, para Camat, ibu-ibu Bayangkhari Polres Aceh Selatan, ibu-ibu Persit Kodim 0107/Asel dan perwakilan ibu-ibu Persit Bataliyon 115/ML.

Dalam barisan upacara terdiri dari I Peleton Anggota Kodim 0107/Asel, I Peleton Anggota Bataliyon 115/ML Asel, I Peleton Anggota Polres Asel, para Mahasiswa-Mahasiswi dan siswa SMA Negeri 1. Kluet Selatan.

Seusai upacara dilakukan tabur bunga di TMP Teuku Cut Ali yang di awali oleh Bupati Aceh Selatan Sama Indra, kemudian diikuti oleh seluruh Forkopimda Aceh Selatan.

Selanjutnya, rombongan menuju TMP Panglima Raja Lelo di Gampong Sapik, Kecamatan Kluet Timur untuk melaksanakan ziarah dan tabur bunga.

Bupati Aceh Selatan, Sama Indra dalam kata sambutannya mengatakan, pelaksanaan tabur bunga dimakam pahlawan ini sudah menjadi tradisi yang tidak boleh dilewatkan baik dalam  acara HUT RI maupun hari pahlawan.

“Penaburan bunga ini merupakan tanda penghormatan kita terhadap jasa para pahlawan, para pendahuli kita dan sesepuh kita yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia,” ujarnya.

Ia melanjutkan, sebagai penerus bangsa ini, kita harus bisa meneladani semangat juang para pendahulu kita, kita jadikan motivasi bagi kita agar dapat berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara ini.

“Serta jadikan momentum ini sebagai pelajaran buat kita terutama anak-anak kita yang akan meneruskan perjalanan hidup ini, tanamkan dibenak mereka supaya mereka mempunyai jiwa nasionalisme terhadap keutuhan dan kedaulatan NKRI,” tuturnya.

Usai melakukan tabur bunga bupati sempat terlihat bercengkrama dengan anak-anak sekolah yang ikut dalam kegiatan tersebut.(Ran)

Komentar