IdeKu : Pemerintah Harus Pertahtikan Kecamatan Trumon




yyyAssalamualaikum

Saya Eri Herma Putra, asal desa Ujong Tanoh Kec. Trumon. Seorang Wirausaha dan juga Mahasiswa di Banda Aceh. Saya sangat kecewa dengan apa yang sedang berlaku sekarang di salah satu kecamatan tertua di Aceh Selatan, bahkan sejarah membuktikan Trumon sudah ada sebelum Aceh Selatan terbentuk itu dibuktikan dengan sejarah adanya sebuah kerajaan yang mempunyai Benteng, dan bisa menciptakan mata uang sendiri yaitu kerajaan “Terumon”. Tapi saat ini cobalah anda berkunjung disana, yang pertama kita dapati adalah jalan yang hancur seperti bubur, hingga orang enggan untuk masuk di Kecamatan Trumon, padahal disana banyak hasil alam seperti Sawit, Ikan, Jagung, Coklat, Durian, Kelapa dan Madu. Tapi orang-orang seakan enggan masuk kesana semenjak jalan yang menghubungkan Trumon dengan Trumon Timur hancur lebur. Sampai kapan masyarakat harus menanggung kehidupan seperti ini, seandainya perbaikan jalan Trumon berada dipundak masyarakat sudah dari dulu jalan itu bisa menjadi jalan Tol karena pada dasarnya masyarakat disana adalah tipe masyarakat yang suka bergotong royong “kalau Kerajaan bisa kami bangun apalagi hanya segelintir jalan itu,” tapi jalan dan semua infrastruktur itu ditanggung dan dijamin oleh Negara itu terdapat dalam Undang-Undang Negara Republik Indonesia, khususnya Pemda Aceh Selatan. Makanya sampai saat ini masyarakat Trumon berharap dan percaya penuh kepada Pemerintah Aceh Selatan khususnya, untuk dibuatkan jalan Dua Jalur. Karena kami sudah sangat lama merindukan kelancaran mobilitas agar meningkatkan taraf hidup masyarakat disana.

Saran saya kepada Pemerintah Aceh Selatan, tolong dibuatkan jalan dua jalur di Kecamatan Trumon, mengingat aktivitas pertanian di Kecamatan tersebut sangat tinggi dan mobilisasi penduduk antar daerah juga sedang berlangsung di daerah tersebut, misalkan banyak orang dari daerah lain ingin menetap dan tinggal di Trumon, karena berbagai alasan. Jadi bila tidak ditompang dengan kebaikan infrastruktur maka kemajuan itu semua tidak akan terwujud seperti yang kita harapkan bersama. Untuk saat ini masyarakat Trumon hanya membutuhkan jalan dua jalur dengan standar bagus jangan proyek yang asal-asalan karena sama saja membuang uang karena sebentar saja sudah rusak kembali.

Latar Belakang ide Saya

Latar belakangnya adalah disebabkan Trumon adalah salah satu Pusat Bisnis antara tahun 1996-2001 (sebelum konflik berlangsung), robohnya bisnis disana disebabkan konflik, dan beberapa kebijakan Pemerintah yang bertentangan dengan apa yang sedang berlangsung, dengan komoditas utama, Kayu, Ikan, dan Hasil Pertanian. Dan Trumon adalah salah satu aset penting dari Aceh Selatan karena dari segi Geografis Tanah di Trumon sangat luas, dengan perpaduan antara Bukit Barisan dan Lembah yang luas dan dipagari Samudra Hindia, itu adalah salah satu aset yang harus kita jaga bersama generasi muda Aceh Selatan pada umumnya. Karena Trumon bukan hanya milik masyarakat disana saja, tapi Trumon adalah milik kita bersama dan disana terdapat satu identitas penting tentang masa lalu Aceh Selatan pada umumnya. Melihat dari latar belakang ini, sudah tentulah Pemda Aceh Selatan tidak akan menyia-nyiakan apa yang menjadi harapan dan cita-cita Masyarakat Trumon kedepannya.

Untuk Redaksi http://acehselatan.com kolom (Ide untuk Aceh Selatan). Terima kasih karena sudah sudi mendengar saran saya ini, dan mau memuatnya di Situs yang sangat kami banggakan ini. Semoga kedepannya Situs ini, bisa menjadi besar dan bisa menyuarakan suara Masyarakat kecil. Terimakasih. Wasssalam.

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*