Ini Rangkain Kegiatan HKG dan BBGRM di Samadua

IMG_20170425_110125Aceh Selatan News | Samadua – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Provinsi Aceh dan Organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Aceh Dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 45 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIV Tingkat Perovinsi Aceh melaksanakan Pengobatan Spesialis Penyakit dalam, THT dan Anak, perawatan gigi dan mulut, pelayanan kesehatan lansia, pelayanan KB, pemeriksaan dengan IVA Test, Posyandu dan Pemberian PMT untuk Bumil dan Balita dan Demo Gemarikan di Gampong Payonan Gadang, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan.

Kegiatan ini mengangkat tema “Kita tingkatkan kualitas hidup melalui peduli kesehatan dengan semangat kebersamaan, Keluarga dan Ke Gotong Royongan masyarakat dalam dalam pembangunan”.

Dalam kesempatan itu juga dirangkaikan pemeriksaan Pap Smear, Deteksi dini kanker leher rahim dari BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan.

Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaa Masyarakat Gampong (DPMG) Provinsi Aceh, Prof DR Abubakar Amhar, ketua penggerak PKK Aceh Umi Niazah Abdullah yang diwakili ketua Pokja 4, Suryati Mahmud, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Kabupaten Aceh Selatan Emmifizal SP, Ketua Persit Kodim 0107/Asel, Ny. Hary Mulyanto, ketua penggerak PKK Aceh Selatan, Cut Harnailis Sama Indra SP, wakil ketua PKK Aceh Selatan, Eliyati, ketua Darma Wanita Kabupaten Aceh Selatan, Dra Arma Nusah dan tamu undangan lainnya.

Ketua Penggerak PKK Aceh Selatan Hj. Cut Harnailis Sama Indra SP mengucapkan terimakasih atas partisipasi masyarakat Samadua atas terselenggaranya kegiatan ini dengan baik.
“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Samadua atas terselenggaranya kegiatan  ini. Kalau di Aceh Selatan ada ada Samadua kalau di Meukek ada Sama Indra,” ujarnya,  disambut tepuk tangan para undangan.

Ia mengatakan, sebenarnya ia bersama Bupati baru saja kembali melaksanakan ibadah umroh dan rencana menginap di Banda Aceh. “Karena kegiatan ini saya langsung pulang, karena kegiatan ini sudah lama kita impikan,” ujarnya.

Kepala DPMG Aceh, Abu Bakar Amhar menyatakan, rangkaian kegiatan ini merupakan kegiatan Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-12 Tingkat Provinsi Aceh yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 April 2017 di Tapaktuan, Aceh Selatan.

Selain itu, ia juga menyebutkan, pemeriksaan gigi adalah sangat berguna bagi kesehatan anak dalam membentuk kecerdasannya. Karena, kesehatan gigi adalah sangat penting bagi anak.

“Termasuk pemeriksaan serviks terhadap perempuan tak kalah pentingnya, karena  banyak sekali orang kita meninggal akibat kanker serviks,” sebutnya.

Ia melanjutkan, untuk mengurangi resiko penyakit serviks maka memperbanyak mengkosumsi makanan bergizi.

“Kanker serviks adalah jenis penyakit yang tidak bisa disembuhkan, untuk itu perlu banyak mengkosumsi putih telor, dan makanan bergizi lainnya,” tuturnya.

Menyikapi banyaknya  perempuan diserang penyakit serviks dan penyakit keropos tulang, Abu Bakar Amhar  meminta kepada para keuchik untuk mengunakan uang desa dalam pelayanan kesehatan.

“Keuchik bisa memasukan dalam Musrembangdes anggaran untuk kesehatan, karena kesehatan itu sangat penting,” ucapnya.

Sementara,  Pjs Kepala BPJS Kesehatan Aceh Selatan, Hambali kepada Aceh Selatan News  menjelaskan, berbagai kegiatan dilaksanakan di Puskesmas Samadua.

“Pemeriksaan PapSmear di Puskesmas Samadua diikuti 50 peserta JKN-KIS, Kodim 0107/Aceh Selatan 300 peserta dan kegiatan serupa juga dilaksanakan di Kodim 0109/ Aceh Singkil,” jelasnya.(Iy/Ran)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*