Ini Sanki yang Bakal Diterima Pemkab Aceh Selatan




H Nasjuddin SH MM
H Nasjuddin SH MM

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Keterlambatan pengesahan Rancangan Qanun (Raqan) Laporan Pertanggunjawaban (LPj) Bupati Aceh Selatan tentang Pelaksanan APBK tahun 2016 bakal berimbas pada penundaan transfer dana perimbangan dari Kementrian Keuangan RI ke Kas Daerah.

Sesuai surat yang dilayangkan oleh Kemenkeu, dalam surat tersebut Pemkab diminta menyampaikan Informasi Keuangan Daerah (IKD), antara lain berupa Laporan Realisasi APBK Semester I paling lambat 30 hari setelah berakhirnya semester yang bersangkutan dan LPj APBK tahun sebelumnya paling lambat 31 Agustus 2017. Namun DPRK dan Pemkab Aceh Selatan baru menandatangani Raqan Qanun LPj pada tanggal 18 September 2017.

“Kalau berdasarkan surat itu daerah yang tidak mengirim IKD secara lengkap dalam batas waktu yang ditentukan akan dikenakan sanksi berupa penundaan penyaluran Dana perimbangan,” jelas Sekdakab Aceh Selatan, H Nasjuddin SH MM kepada Aceh Selatan News, Rabu (20/9/2017).

Adapun dana perimbangan yang terancam ditunda adalah DAU dan Dana Bagi Hasil. Dana DAU untuk Pemkab Aceh Selatan tahun 2017 sebesar 649 miliar dibagi 12 bulan. Jadi setiap bulannya Pemkab disalurkan sebesar 54 miliar dan didalamnya sebagian besar adalah gaji PNS, Belanja modal dan operasional.

“Jika sempat ini terjadi maka PNS terancam tidak menerima gaji pada bulan Oktober dan Pemkab harus mencari alternatif untuk permasalah itu, kita berharap Kementrian Keuangan tidak sampai begitu,” harapnya.

Dalam surat tersebut tidak dijelaskan berapa lama akan dilakukan penundaan peyaluran dana perimbangan, dirinya mengaku saat ini Pemkab terus berupaya melakukan komunikasi dengan Kemenkeu terkait perihal tersebut. Sedangkan kepastian penundaan baru bisa dipastikan pada 29 September 2017 mendatang.

”Kita lihat nanti pada hari terakhir kerja bulan berjalan, apakah kita menerima dana transfer pusat tersebut atau benar-benar ditunda,” pungkas Nasjuddin.(Iy)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*