Islam, Agama Terbesar Kedua di Italia




images (13)Aceh Selatan News |  Roma – Silaturahim yang digelar komunitas Muslim Italia diperoleh satu fakta penting.  Muslim Italia menjadi komunitas agama terbesar di Italia. Alhamdulillah.

“Dari angka Badan Statistik Nasional Italia, diketahui bahwa saat ini terdapat 1.7 juta jiwa Muslim,” ucap Izzedin Elzir, Imam Uni Organisasi Muslim Italia (UCOII), seperti dilansir onislam.net, Rabu (12/1).

Elzir mengungkap ada lebih dari 700 masjid lebih. Yang menggembirakan, komunitas Muslim menyumbang 4-5 persen PDB Italia. “Ini menandakan Islam merupakan nilai tambah bagi Italia,” ucapnya.

Melihat fakta itu, Elzir menyayangkan apabila Islam belum diakui secara resmi oleh Italia. Namun, Elzir meminta Muslim Italia tidak berkecil hati karena secara de facto Islam telah diakui.

Ahli Hukum Islam, Universitas Orientale Naples, Agostino Cilardo menilai tidak adanya pengakuan terhadap komunitas Muslim tercermin dari minimnya representasi komunitas Muslim. Ambil contoh saja, tidak ada organisasi Islam yang diakui secara resmi. “Tidak ada yang bisa berbicara atas nama Muslim Italia,” ucap dia.

Menurut Cilardo, efek dari hal itu komunitas Muslim tidak memperoleh dana khusus dari wajib pajak yang diperoleh agama lain, seperti Yahudi dan Buddha.

Harus diakui, belum sepenuhnya masyarakat Italia menerima Islam. Ini terlihat dari penolakan terhadap rencana Perdana Menteri Italia, Enrico Letta membangun sebuah museum seni Islam di Venesia.  Begitu pula rencana pembangunan masjid yang kerap gagal diwujudkan. (republika)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*