Jalan sementara Lintas Medan – Tapaktuan Memprihatinkan

Foto Kondisi jalan sementara di desa air pinang, tergenang air, foto direkam, jumat (18/10)
Foto Kondisi jalan sementara di desa air pinang, tergenang air, foto direkam, jumat (18/10)

Aceh Selatan News | Tapaktuan Jalan sementara lintas Medan – Tapaktuan yang terletak di gampong Air Pinang, Kecamatan Tapaktuan dan Ujung Batu Kecematan Pasie Raja, kondisinya sangat memprihatinkan. Sepanjang ruas jalan tersebut bermaterial batu dan tanah.

Terkait hal tersebut, anggota DPRK Aceh Selatan, Deni Irmansyah angkat bicara, ia mengimbau agar pihak perusahaan yang mengerjakan jalan utama di atas gunung Air Pinang itu untuk mengaspal jalan sementara. ” Jalan ini satu-satunya akses jalan dari beberapa Kecamatan menuju pusat Kabupaten, Tapaktuan,” ujar Deni, Selasa (22/10), di Tapaktuan

Deni juga berharap pihak perusahaan minimal menggredel, “Kalaupun tidak bisa diaspal minamal diratakan karena jika terus begitu bisa-bisa merusak kesehatan pengguna jalan, Jika ada ibu hamil yang akan melahirkan dan dirujuk ke Rumah sakit ke tapaktuan keburu melahirkan dijalan” tambahnya.

Kondisi jalan yang tidak rata membuat banyak pengguna jalan yang melintasi jalan tersebut memilih menggunakan jalan diatas pasir di pinggir laut, ” Ini kan membahayakan pengguna jalan, disaat tiba-tiba ombak datang,” tambahnya lagi.

Salmi (45) warga Ujung Batu yang berjualan di Tapaktuan mengaku kondisi jalan tersebut cukup parah, dan membuatnya nekat melintasi jalan pinggir laut, “Sayang mobil kita sebenarnya, sering terkena air laut bisa kropos,” ujarnya.

Bahkan dia mengisahkan mobilnya pernah tersangkut dipasir saat melintas jalan pasir yang kulturnya tidak stabil itu,”Pernah nyangkut dulu pak, kan pas lewat ada ombak lumayan besar, membuat ban mobil saya tertimbun dalam pasir,” kenangnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, jalan sementara yang dibuat oleh PT Tenaga Inti yang mengerjakan perbaikan jalan utama lintas tapaktuan-medan, demi kenyamanan dan keamanan dalam pengerjaan, maka pihak perusahaan membuat jalan dipinggir pantai untuk pengalihan jalur, sejak setahun lalu dan diperkirakan proses pembangunan jalan utama itu akan berlangsung 2,5 tahun.(iy)

Editor : Fitria Akmal

Komentar