Jelang Bulan Ramadhan, Warga Manggamat Masak Lemang




Jelang Bulan Puasa Tiba, Warga Menggamat Akan Membuat Lemang
Jelang Bulan Puasa Tiba, Warga Menggamat Akan Membuat Lemang
Jelang Bulan Puasa Tiba, Warga Menggamat Akan Membuat Lemang

Aceh Selatan News | Manggamat – Menyambut bulan suci Ramadhan yang akan segera tiba warga di Kecamatan Kluet Tengah, Kluet Utara, Kluet Timur dan Kluet Selatan serta beberapa daerah di sekitar Aceh Selatan akan membuat lemang yang dilakukan 2 atau 3 hari sebelum puasa tiba.

Itu sudah merupakan tradisi turun temurun dan menjadi ritualitas dibeberapa daerah seperti di Kecamatan Kluet Tengah Kemukiman Menggamat dan beberapa daerah lainnya. Tidak hanya menyambut bulan suci Ramadhan, membuat lemang atau yang biasanya mereka sebut meriris di Kemukiman Menggamat juga acapkali dilakukan bila ada acara-acara penting di daerah tersebut seperti menyambut Hari Raya Idul Fitri/Hari Raya Idul Adha (warayo), perayaan Maulid (molod) dan acara-acara yang dianggap penting lainnya.

Riris yang terbuat dari bahan daras beras ketan yang dicampur dan diolah dengan santan serta garam dan ada juga yang menambahkan bawang merah dan kemiri kemudian dimasukkan kedalam bambu yang sudah dipotong dan tentunya sudah dilapisi daun pisang sebelumnya agar ketan tidak lengket pada bambu.

Pun demikian, membuat riris bukanlah hal yang mudah,karena harus siap berlama – lama berada didekat api untuk memastikan api akan tetap menyala sehingga menjadikan riris matang dengan sempurna dan akan memakan waktu yang lama menunggu lemang riris itu matang.

Sekarang banyak juga ditemui lemang yang terbuat dari ubi kayu, lemang ketan campur jagung dan lemang ketan campur kacang hijau, pastinya membuat rasanya semakin nikmat saat di santap.(Eva)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*