Jembatan Menghubungkan Pulau Kandang dengan Desa Sialang Memprihatinkan




Kondisi Jembatan yang Menghubungkan Pulau Kandang dan Desa Sialang, Kluet Selatan
Kondisi Jembatan yang Menghubungkan Pulau Kandang dan Desa Sialang, Kluet Selatan

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Jembatan gantung yang menghubungakan Desa Sialang dan Pulau Kandang di Kecamatan Kluet Selatan, kini sangat memperihatinkan. Jembatan dengan panjang lebih kurang 120 meter dan lebar 1 meter ini dibangun pada tahun 1993 silam.

A’idil azhar (33) salah satu warga Desa Luar, Kepada Aceh Selatan News, Minggu (30/12) mengatakan, Kondisi jembatan kini sangat memperihatinkan, Saat dilalui jembatan ini berguncang kuat sekali dan miring.

“Besinya ada yang patah, bautnya beberapa ada yang lepas dan lantainya yang terbuat dari papan telah banyak yang rusak dimakan usia” Jelas A’idil

kini papan yang hancur diganti dengan kulit batang rumbia dan kayu batang kelapa tapi hal ini tidak cukup efektif banyak kayu yang diganti terlepas lagi sebab tidak memiliki baut.

“Jika kita melewati jembatan tersebut menggunakan sepeda motor saya merasa kurang aman mengingat kondisi jembatan,” Ujarnya.

Jembatan ini terakhir dironovasi pada tahun 2009 dari dana lebih PPK Desa luar.
“Pihak Kecamatan telah turun kelapangan untuk melihat kondisi jembatan  tapi tidak ada tanggapan dan realisasi sampai saat ini” Terang A’idil

Masyarakat berharap Pemerintah segera memperbaiki jembatan tersebut, karena sudah mulai membahyakan keselamatan warga yang melintasi jembatan tersebut.

Laramah (40) Guru MTsN Suak Bakong juga mengungkapkan, Jembatan itu harus segera di Renovasi oleh Pemerintah karena jembatan itu salah satu akses jalan masyarakat dan siswa untuk ke sekolah dan beraktivitas.

“Jembatan ini menjadi satu-satunya akses terdekat kesekolah bagi Siswa SMP, SMA, MTSn dan MAN yang terletak di pusat kecamatan Kluet selatan, Desa Suak Bakong” Jelas Laramah.

Pulau kandang hanya memiliki tiga akses untuk bisa keluar dari pulau tersebut, yang pertama jembatan Sialang, Kedua jembatan dari Pasie merapat menghubungkan ke desa kedai Padang yang kondisinya juga sudah tidak bagus lagi dan terakhir jembatan yang masih dalam pengerjaan yaitu jembatan Desa kapeh.(EI)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*