Jenis Penyu Ini Hanya Ada di Papua dan Aceh Selatan

Aceh Selatan News | Kluet Selatan – Penyu belimbing adalah salah satu jenis penyu yang ada Stasiun pembinaan populasi penyu Rantau Sialang, SPTN Wilayah II Kluet Utara BPTN Wilayah I Tapaktaun, di gampong Pasi Lembang.

Penyu Belimbing adalah penyu raksasa dan satu-satunya jenis dari suku Dermochelyidae yang masih hidup. Penyu ini merupakan penyu terbesar di dunia.

“Yang menariknya adalah penyu belimbing karena di Indonesia hanya ada 2 lokasi tempat penyu jenis ini mendarat yakni di Papua di pantai Kepala Burung dan di Aceh di pantai Singah Mata, Gampong Pasi Lembang, Aceh Selatan,” kata Efa Wahyuni, Tenaga Teknis Pelestarian Keanekaragaman Hayati TNGL BTPN Wil I Tapaktuan kepada Aceh Selatan News, Selasa (12/9/2017).

Dia menjelaskan Stasiun pembinaan populasi penyu Rantau Sialan itu sudah ada sejak tahu 2011 dan efektif beroprasi sejak tahun 2012.

“Sejak beroprasi stasiun ini sudah merilis 878 anak pinyu (tukik) mulai dari penyu abu-abu, penyu hijau dan penyu belimbing,” kata Efa Wahyuni.

Selain itu yang membuat stasiun itu menarik adalah selalu menerima kunjubgan edukasi siswa untuk berbagi pengetahuan tentang konservasi penyu. Selain itu siswa yang datang bisa melihat langsung spesies penyu dan ikut merilis anak penyu yang telah menetas melalui penetasan semi alami.

“Kita sejauh baru melakukan edukasi terhadap sekolah bersentuh langsung dengan wilayah TNGL. Kedepan tidak menutup kemungkinan ini akan terus berkembang,” pungkasnya.(Jn)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*