Kabut Asap Selimuti Aceh Selatan

Kondisi Kebakaran Lahan Di Trumon, Aceh Selatan
Kondisi Kebakaran Lahan Di Trumon, Aceh Selatan

Aceh Selatan News | Tapkatuan – Akibat dari kebakaran hutan dikawasan Trumon, Aceh selatan membuat hampir seluruh wilayah dikabupaten tersebut  diselimuti kabut asap sejak beberapa hari terakhir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Cut Syazalisma melalui Kabid Darurat dan Logistik Sufli mengungkapkan kebakaran hutan yang terjadi sudah merambah hingga 80 Hektar di kawasan Trumon Timur.

“Kita sudah distribusikan 500 masker pada masyarakat dua hari lalu dan sudah kita kirim surat untuk penambahan masker kepada dinas kesehatan sebanyak 10 ribu, mungkin senin bakal kita antar kesana,” Terang Sufli Sabtu (15/3/2014).

Pihak BPBD juga menghimbau agar masyarakat mengurangi kegiatan diluar rumah untuk menghindari radang pernapasan.

Pihak Pemadam Kebakaran kabupaten Aceh selatan sejak rabu lalu telah menurunkan 2 armada mobil pemadam kebakaran dan 20 personil untuk memadamkan api dikawasan Ptp Krueng luas dan Seunebok pusaka, Trumon Timur.

Walau kesulitan medan dan jalan yang rusak berat pihaknya mengaku telah berhasil memadamkan api di kawasan tersebut pada jumat malam,”Jumat malam api sudah bisa kita kendalikan walau masih ada bara-bara kecil,” Ujar Halim Bahril,SE, Kasi Pemadam Kebakaran dibawah naungan Satpol PP, WH dan Pemadam Kebakaran Aceh Selatan.

Ia menambahkan pihaknya siaga untuk menangani kebakaran hutan tersebut,”kita menunggu informasi dari masyarakat sekitar jika memang masih ada titik api kita akan segera bergerak padamkan,” Tegasnya.

Menurut amatan Acehselatan.com kabut tebal selimuti hampir seluruh kecamatan di Aceh selatan, di Kluet Raya, Bakongan dan Trumon para pengguna jalan menghidupkan lampu kendaraan meraka, sedangkan sorenya lampu rumah serta lampu jalan dihidupkan lebih awal dan suasana diluar relatif lengang kondisi ini mulai mengganggu aktivitas masyarakat disejumlah wilayah.(iy)

Komentar