Kabut Asap Selimuti Aceh




269121_kabut-asap-menyelimuti-kota-lhokseumawe_663_382Banda Aceh – Kebakaran hutan mulai merambah wilayah Aceh. Sejak kemarin, Rabu, 17 September 2014, hampir seluruh wilayah Aceh diselimuti kabut asap. Asap diperkirakan berasal dari kebakaran lahan gambut di Riau dan Sumatera Selatan, tapi juga kebakaran hutan di Aceh.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Lhokseumawe, Bakhtiar, sebagian besar kabut asap berasal dari titik-titik api di Aceh akibat pembukaan lahan baru.

Titik-titik api tersebut, kata Bakhtiar, terdeteksi, di antaranya, di hutan Seulawah. “Sekarang banyak bantuan modal usaha di bidang perkebunan. Jadi, ada yang buka lahan baru, hutan ditebang, kemudian dibakar,” kata Bakhtiar seperti dilansir VIVAnews, Kamis, 18 September 2014.

Kabut asap yang berasal dari Riau, katanya, karena dibawa angin yang mengarah ke timur. “Benar, berasal dari pembakaran di Riau, tapi itu sedikit,” tuturnya.

Pantauan VIVAnews, kabut asap yang menyelimuti wilayah Aceh dalam intensitas rendah. Sampai sekarang, bencana akibat pembakaran hutan tersebut belum terlalu berdampak dan mengganggu jarak pandang.

Meski begitu, pemerintah didesak tanggap menanggulangi semakin parahnya ketebalan asap. Selain dapat mengganggu penglihatan, kabut asap juga dapat berdampak pada kesehatan manusia.(Viva)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*