Kader Filariasi di Trumon Dilatih Pencegahan Kaki Gajah

Aceh Selatan News | Trumon – Puskesmas Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, menggelar kegiatan pelatihan bagi kader Filariasis dalam kecamatan setemapt tentang pencegahan dan penanggulangan penyakit filariasis atau kaki gajah, Rabu (13/9/2017) di gedung serbaguna Keude Trumon.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh puluhan kader dari berbagai kampung dalam Kecamatan Trumon, sekaligus mendatangkan narasumber dari tenaga medis profesional yang telah diakui keahliannya dalam menangani berbagai jenis penyakit, khususnya filariasis.

Kepala Puskesmas Said Saleh SH, menjelaskan, filariasis merupakan penyakit berbahaya yang dapat mengancam keselamatan dan kesehatan masyarakat, sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan dan penanggulangannya dengan melibatkan segenap kader filariasis yang ada.

“Kegiatan pelatihan kader Posyandu tentang pencegahan filariasis digelar sebagai upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian, sehingga ke depan masyarakat bisa lebih waspada,” ujar Said Saleh.

Pemaparan materi tentang filariasis, pencegahan dan cara pendataan sasaran diisi oleh dokter Hari Pranoto, Kabid P2P Dinkes Aceh Selatan, Nurhidayati, SKM dan Satf Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Aceh, Eva Khofifah.(Azk)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*