Kampanye Belum Mulai, Atribut Kampanye Warnai Aceh Selatan




Aceh Selatan News | Tapaktuan – Meskipun Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh selatan belum menetapkan pasangan calon yang maju pada Pilkada 2013 mendatang, namun sejumlah atribut kampanye milik pasangan bakal calon mulai mewarnai sejumlah kawasan di Aceh Selatn.

Amatan wartawan di lapangan sejak beberapa pekan terakhir, sejumlah kandidat mulai memasang baliho dan poster wajahnya di tempat-tempat keramaian dan sejumlah ruas jalan pedesaan. Padahal, Pemilukada untuk memilih Bupati dan Wakil bupati Aceh Selatan baru akan dilaksanakan pada awal tahun 2013 mendatang.

Selain memasang foto bersama pasangannya, masing-masing kandidat juga membuat pesan-pesan khusus dan memaparkan visi misinya disetiap spanduk dan baliho. Bahkan, para kandidat secara terang-terangan menulis pesan untuk memilihnya pada Pilkada nanti.

Anggota KIP Aceh Selatan, Suhaimi. S. Ag, yang dikonfirmasi Aceh Selatan News via selularnya, Selasa (27/11), membenarkan banyaknya alat peraga kampanye milik bakal calon kandidat yang telah terpasang di sejumlah lokasi di Aceh Selatan.

Suhaimi menjelaskan, KIP dan Panwaslu Aceh Selatan tidak bisa menertibkannya karena mereka belum ditetapkan sebagai calon peserta Pilkada. “Sekarang masih bisa karena mereka belum ditetapkan sebagai calon. Kalau sudah ditetapkan baru bisa kami menertibkannya karena sudah dianggap mencuri star kampanye,” kata Suhaimi.

Namun demikian, Suhaimi mengatakan, jika masyarakat merasa terganggu dengan keberadaan alat peraga kampanye milik pasangan bakal calon itu, maka masyarakat dapat melaporkan kepada Pemerintah Kabupaten melalui Dinas atau Satuan terkait.

“Sekarang ini yang bisa menertibkan hanya Pemerintah Kabupaten, itu pun kalau ada keluhan dari masyarakat yang merasa terganggu,” pungkasnya.(IY)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*