Kapal Pukat Asal Sibolga Terbakar Diperairan Labuhanhaji

IMG-20170604-WA004Aceh Selatan News | Labuhanhaji – Kapal pukat cincin KM Yakin Maju kapasitas III GT-69 asal Sibolga, Sumatra Utara, mengalami kebakaran di perairan Labuhanhaji, Kabupaten Aceh Selatan, ketika hendak menuju Seumelu, Sabtu (3/6/2017).

Akibat kebakaran tersebut, tiga anak buah kapal (ABK) mengalami luka bakar. Ketiga ABK itu sekarang dalam perawatan di Klinik dr. Yetrizal, Gampong Padang Bakau, kecamatan Labuhanhaji.

Menurut keterangan yang dihimpun Aceh Selatan News, KM Yakin Maju yang dinahkodai oleh Maimun (47), pada Kamis 1 Juni 2017 Pukul 15.00 WIB berangkat dari Sibolga menuju Sinabang.

Pada Sabtu 3 Juni 2017 KM. Yakin Maju III sampai di Tuasan Kapal dan menjatuhkan parasut sekitar pukul 15.00 WIB. Tiba-tiba saja api menyembur dari palka depan kapal ketika ABK sedang istirahat. Sepontan saja api langsung menyambar tiga ABK yang sedang istirahat tersebut.

Melihat ada kobaran api menyambar seluruh ABK mencoba memadamkan api dengan air alkon dan racun api. Sehingga api dapat dipadamkan selama 15 menit.

Atas kejadian tersebut, nahkoda KM. Yakin Maju III langsung berkoordinasi dengan pengurus pukat cincin untuk berlabuh darurat di pelabuhan Labuhanhaji, sekira pukul 07.15 WIB.

“Penyebab kebakaran di dalam palka ada minyak besin 15 jerigen yang di gunakan untuk mesin Speed stempel diduga ada ABK sembarangan buang puntung rokok,” ujar nahkoda KM Yakin Maju, Maimun.

Adapun nama-nama ABK korban kebakaran yaitu, Kenikurniawan Jebua (21) asal, Sorkam mengalami luka bakar di bagian kaki, Mindra (25) asal Sibolga mengalami luka bakar di bagian kaki dan Manaor Lubis (40) asal Sibolga mengalami luka bakar di wajah serta tangan.

Atas kejadian tersebut KM. Yakin Maju III sementara tidak dapat beroperasi sambil menunggu peratawan ABK yang terbakar dan harus dipulangkan ke Sibolga karena tidak bisa lagi bekerja sebagai ABK di KM Yakin Maju III.(Ran)

Komentar