Karman Siap Maju Bersama Rakyat

H. Karaman BA SE
H. Karaman BA SE
H. Karaman BA SE

Aceh Selatan News | Kluet Selatan – Perlahan tapi pasti menjelang perhelatan akbar Pilkada Bupati Aceh Selatan tahun 2018 sejumlah mesin politik sudah mulai dinyalakan, tim politik dirawat sedemikian rupa sehingga siap dipakai saat Pilkada nanti. Hal inilah yang terus dilakukan oleh H. Karman BA, SE salah seorang sosok yang siap maju menjadi orang nomor satu di Aceh Selatan.

Sejumlah pertemuan dari kampung ke kampung terus ia lakukan untuk menyampaikan hajat hati ingin ikut meramaikan pesta demokrasi nanti.

“Insya Allah sosialisasi terus kita lakukan bahkan setiap malam banyak yang datang kerumah dari berbagai kecamatan untuk menyampaikan dukungan dan harapan agar ikut maju,” ungkap Karman saat menerima kedatangan kru Aceh Selatan News di kediamannya di Gampong Suak Bakong, Kecamatan Kluet Selatan, Rabu (31/5/2017).

Dengan moto ‘maju bersama rakyat’ Karman terus mendapat dorongan dari masyarakat dan keluarga besarnya untuk maju mencalonkan diri jadi Bupati.

“Walau dukungan terus mengalir sampai hari saya belum merumuskan visi misi namun yang saya pegang teguh moto saya maju bersama rakyat,” kata pria kelahiran Kandang, 1 Februari 1957 itu.

Keinginannya maju muncul setelah melihat kondisi rakyat Aceh Selatan yang saat ini menurutnya masih belum memiliki ketenangan dan kenyamanan dalam bekerja termasuk kurangnya nilai kekeluargaan antara masyarakat dengan aparatur sipil negara (ASN) dalam melakukan pelayanan publik.

“Saat ini saya lihat sistem kerja hanya membantu orang-orang itu saja dan menonjolkan kepentingan tim pemenagan saat maju dulu, kalau menurut saya yang lebih penting itu pemerataan bagi rakyat.”

Masih menurut Karman sistem pemberataan guru yang saat ini dilakukan masih kurang tepat dimana masih banyaknya titipan sehingga tidak tercapainya upaya positif yang dilakukan Pemkab.

“Seharusnya mutasi itu tentu bagus apalagi dengan tujuan pemberataan tapi sistemnya harus ditinjau, contoh dimana tertumpuk guru baru dilakukan pemindahan jangan nantinya setelah dipindah tempat yang ditinggal malah kekurangan guru, selain itu aspek pendukung juga harus dilihat faktor usia dan jarak dan yang paling penting harus sesuai peraturan,” ungkap Karman.

Dilanjutkannya, Saya sudah pernah praktikkan saat menjabat kepala Dinas Pendidikan menerapkan sistem kekeluargaan termasuk meniadakan sistem amplop (praktik culas).

“Sedangkan yang benar kita kemukakan belum tentu maju apa lagi banyak penyimpangan,” terangnya.

Bahkan ia mengisahkan saat masih menjabat Kadis Pendidikan, Ia setiap sore rutin mengevaluasi masing-masing bidang untuk perbaikan pelayanan dan mutu

“Dulu setiap sore Kabid-kabid kumpul di ruangan mengevaluasi kerja hari itu, ini sederhana tapi sangat bagus diterapkan,” katanya lagi.

Karman yang memulai karirnya sebagai guru dikenal tegas baik oleh murid-muridnya maupun rekan kerjanya bahkan Ia berkomitmen jika masyarakat memberikan kepercayaan kepada dirinya, Ia akan menjalan roda pemerintahan sebaik mungkin dan bersih dari praktik-praktik transaksional.

“Bahkan dari sekarang saya sudah ingatkan tim, boleh bergabung (jadi tim sukses) tapi jika berhasil nanti jangan campuri urusan pemerintahan,” tegas Karman.

Sebelumnya nama Karman disebut-sebut akan bersanding dengan H Adnan pengusaha asal Labuhanhaji yang menetap di Jakarta.

“Memang ada komunikasi dengan Haji Adnan namun karena ada miskomunikasi sehingga kesepakatan itu batal,” tururnya.

Selain itu ia mengaku sempat didatangi Haji Mirwan untuk mengajak bersanding hal serupa juga disampaikan H Azwir S.Sos via telepon bahkan patahana –HT Sama Indra SH– melalui orangnya juga sempat mewacanakan dirinya menjadi pendamping. Meski demikian ia mengaku Sama Indra tidak pernah menyampaikan secara langsung prihal tersebut.

Saat ini tekadnya untuk maju sudah bulat dan akan menggunakan jalur perseorangan atau independen dengan menggalang dukungan berupa KTP.

“Kita kumpulkan KTP kalau memang cukup nanti kita akan maju, sejauh ini tim sudah berjalan dan ada juga yang mengantarkan KTP nya sendiri ke rumah,” tutup Karman.

H Karman BA SE, pernah menjabat Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Selatan tahun 2011-2013 hingga berhenti saat memasuki masa pensiun. Sebelumnya menjabat Kabid Program di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga 2008-2011, Kepala SMAN 1 Kluet Selatan 2002-2008 Plt. Kepala SMK Kandang 2004-2007 setelah di-Negeri-kan baru ditetapkan kepala difinitif. Karman dikenal sebagai sosok yang tegas dan bersahaja.(Iy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*