Karnaval Pemilu Damai Di Aceh Selatan Batal Digelar

gb337Aceh Selatan News | Tapaktuan – Kirab atau karnaval pemilu damai yang melibatkan seluruh konstentan peserta pemilu legislative tahun 2014 di kabupaten Aceh Selatan gagal diselenggarakan. Pasalnya hampir seluruh Partai Politik (parpol) yang ada di Kabupaten itu menolak diselenggarakannya even tersebut.

Menurut mereka, selain pelaksanaannya rumit juga rawan menimbulkan kecelakaan dan terjadinya pergesekan antar peserta. Namun seluruh Parpol setuju dilaksanakannya Deklarasi Pemilu Damai yang diagendakan pada 15 Maret mendatang.

“ Sebab hal ini dinilai sangat penting agar pemilu dapat berjalan secara aman dan demokratis di daerah penghasil pala ini,” kata ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan Syamsuhardi,SP yang didampingi sekretaris Tahta Amarrullah.S.STP seusai acara duduk rembuk antara pimpinan Parpol dengan unsur Muspida plus serta pejabat terkait lainnya yang berlangsung dihalaman kantor KIP Aceh Selatan di Tapaktuan, Rabu (12/3/2014).

Syamsuhardi menerangkan, gelar kirap dan deklarasi pemilu damai merupakan agenda KPU dan diselenggarakan secara nasional, tehnisnya disesuaikan dengan kondisi daerah penyelanggara masing-masing. sepanjang tidak merubah arti pelaksanaan karnaval dan Deklarasi dimaksud. “Artinya jenis kegiatan tidak berubah, sebab anggaran yang tersedia hanya untuk Karnaval dan deklarasi. Seperti usulan dari beberapa Parpol, kegiatan karnaval diganti dengan zikir akbar, hal itu tidak mungkin,” tambah Tahta yang menerangkan gagalnya pelaksanaan kirab, maka anggaran untuk itu tidak dapat ditarik di KPU Pusat.

Diawal pertemuan Partai Nasional Aceh (PNA) secara tegas mengatakan tidak  mengikuti dua agenda KIP tersebut, dikarenakan masih dalam suasana berkabung terkait salah seorang caleg dari partai tersebut tewas akibat di tembak oleh OTK. “ Kami sangat berharap kepada aparat kepolisian segara mengungkap dan menangkap pelaku tindakan kriminal ini. Karena hal ini akan berdampak pada kenyamanan caleg-caleg lainnya,” tutur Zulfaqar Isa Pengurus PNA

Kapolres Aceh Selatan AKBP Sigit Sujatmiko melalui Kabag Ops. Kompol Sabri mengatakan proses penyelidikan untuk pengungkapan terhadap pelaku penembakan Alm Faisal Caleg PNA masih terus berjalan bahkan saat ini telah pula dibentuk tim khusus untuk itu. “ Demi kelancaran penyelidikan beberapa hal data yang sudah kami kantongi belum dapat diungkapkan. Untuk itu kami berharap masyarakat dapat bersabar dan yakinlah hal itu akan segera terungkap,” ujar Sabri kepada awak media.(Pemkabas)

Komentar