Keong Mas Resahkan Petani Di Kluet Selatan




Keong Mas
Keong Mas

Aceh Selatan New | Tapaktuan – Sejumlah petani di Wilayah Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan dibuat resah. Pasalnya tanaman padi petani diwilayah ini diserang hama keong emas.

Tak banyak yang bisa dilakukan petani, pasalnya hama jenis keong ini tidak mempan dengan obat-obatan pestisida. Petani hanya dapat memunguti keong-keong tersebut kemudian dikumpulkan dan dimusnahkan.

Akibat serangan keong ini banyak batang-batang padi yang mati karena dimakan keong. Petani melakukan penyulaman kembali terhadap tanaman padi yang sudah habis di makan keong tersebut.

Petani mengaku serangan hama keong emas kerap terjadi pada awal musim tanam. Namun tahun ini serangannya lebih meluas karena intensitas curah hujan cukup tinggi.

Langkah penanganan secara manual ini dinilai tidak mampu mengusir serangan hama keong bahkan serangan hama keong terus saja meluas.

Untuk mengatasi serangan hama keong ini petani berharap adanya langkah antisipasi dan penyuluhan dari dinas terkait untuk memberikan informasi cara penanggulangan hama keong yang merusak tanaman padi mereka.(IY)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*