Kerugian Banjir di Aceh Selatan Mencapai Puluhan Miliar

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyatakan kerugian akibat bencana banjir di daerah itu ditafsirkan mencapai puluhan miliar.

Plt. Kalak BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP melalui Komandan Pos Lapangan (Danposlap) Tanggap Darurat, Yuliadi, ST mengatakan, banjir yang terjadi pekan lalu menyebabkan 4 kecamatan terendam banjir.

“Meliputi Kecamatan Kota Bahagia, Trumon, Trumon Tengah dan Trumon Timur. Kerugian kita tafsirkan mencapai puluhan miliar,” kata Yuliadi kepada Aceh Selatan News di Tapaktuan, Selasa (12/12/2017).

Data kerugian tersebut lanjutnya, berdasarkan hitungan kasar dilapangan berupa kerusakan akses transportasi, terendamnya ribuan rumah penduduk, lahan perkebunan dan pertanian serta rusaknya mobiler sekolah.

“Hitungan sementara atas kerusakan akibat banjir baru tercatat Rp 14 miliar. Belum termasuk kerugian akibat rusaknya 500 hektar lahan jagung siap panen di Gampong Lhok Raya, Kec. Trumon Tengah,” ujarnya.

Menurutnya, puluhan Kepala Keluarga (KK) di Lhok Raya yang memiliki lahan jagung tersebut mengalami gagal panen. Namun, tafsiran keseluruhan kerugian petani jagung tersebut masih dalam tahap pendataan.

“Kita masih mendata kerugian petani jagung di Lhok Raya, juga kerugian lahan sawit dan coklat serta lainnya yang ikut terendam,” ucapannya.

Ia menyebutkan, dalam penanggulangan bencana banjir yang terjadi di 4 kecamatan itu, BPBD Aceh Selatan sudah bekerja maksimal dari tahap penanggulangan hingga masa panik.

“Memasuki hari ke tujuh, masyarakat Lhok Raya yang sebelumnya diungsikan di komplek Kompi Brimob Trumon Tengah, sudah kembali ke rumah masing – masing,” tutupnya. (Ran)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*