Kesbangpol dan Linmas Asel Gelar Kegiatan Inventarisasi Identitas Keacehan

air 1 (1)Tapaktuan – Kesbangpol dan Linmas Aceh Selatan mengadakan kegiatan Inventarisasi Identitas Ke-Aceh-an guna melahirkan sebuah buku yang mengangkat identitas keacehan khususnya Aceh Selatan secara sfesifik. Kegiatan yang diadakan Kesbangpol dan Linmas Aceh Selatan berkerja sama dengan Kebangpol dan Linmas Aceh digelar dii rumah makan Stulang Laut, Kecamatan Samadua, Kamis (18/9).

            Nara sumber terdiri dari unsur  Kesbangpol dan Linmas Aceh Selatan, Miswar, SPd, Parawisata,  T. Muzahar, dari unsur Jurnalis, Darul Qutni, CH, Masyarakat Adat H. Bastari Raden, SPd, UIN Banda Aceh ,DR. Fakhri Yacob, Med, Parawisata Provinsi Aceh T.R. Zulkarnaini, Kesbangpol dan Linmas Aceh, M.Nur, SH, Tokoh Sejarah Aceh Hanafiah, Perwakilan Etnis Kluet, T.Merah Khamaruddin dan Tokoh Aceh Selatan Bustami.

            Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas Aceh Selatan, H. Lahmuddin, S.Sos, M.Sc melalui Kasi Kesatuan Bangsa, Miswar, S.Pd kepada media ini Tapaktuan, Jumat (19/9) mengatakan, kegiatan tersebut membahas dan mengangkat hal-hal  bersifat khusus yang merupakan jati diri Aceh Selatan.

          “ Baik itu historis, etnik, resam, adat, budaya kearifan local, baik tempo dulu maupun sekarang. Seperti Jengki Ie (penumbuk padi tempo dulu), yang salah satu perangkat  delapan lesung dengan menggunakan tenaga air,” katanya.

                  Kalau kearifan lokal periode sekarang,    yakni lidi hias yang di produksi oleh perusahaan Wirin, Kecamatan Sawang, Aceh Selatan. Lidi hias tersebut sudah menjadi konsumsi di benua Asia dan Erofah. “Seluruh kearifan lokal yang ada di Aceh Selatan ini nantinya akan diseminarkan untuk direkomendasikan ke Kementerian Hukum dan HAM, agar mendapat hak paten,” ujar  Miswar. (em)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*