KIP Aceh Selatan Sosialisasikan Tata Cara Pencalonan

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan menggelar Sosialisasi tentang Tata Cara Pencalonan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Aceh Selatan Tahun 2018, berlangsung di Aula Hotel Dian Rana, jalan TR Angkasah Tapaktuan, Minggu (31/12/2017).

Turut hadir Wakil Bupati Aceh Selatan, Kamarsyah S.Sos, MM, Kapolres yang diwakili Kasad Bimas, Aiptu Zatra Hamido, Ketua Panwaslih, Hendra Syahputra, S.Sos.I, sejumlah bakal calon bupati dan penghubung bakal calon bupati dan wakil bupati tahun 2018 serta undangan lainnya.

Wakil Bupati Aceh Selatan, Kamarsyah dalam kata sambutannya mengatakan, kegiatan sosialisasi ini sangat bagus, tujuannya adalah disaat pelaksanaannya nanti agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan.

“Atas nama pemerintah, kami sangat mengharakan kita mengikuti aturan-aturan yang berlaku. Namanya saja pemilihan, itu artinya kita pilih yang terbaik siapa yang menang itu lah pimpinan kita,” ujarnya.

Menurutnya, dalam pemilihan ini tentunya ada beberapa kandidat yang mendapat simpati atau dukungan masyarakat maupun dijagokan. Tentunya berusaha menjaga yang dijagokan semaksimal mungkin.

“Untuk itu, saya harapkan kepada calon kandidat, tim sukses dan masyarakat pendukung calon kandidat mari kita sesuaikan dengan aturan-aturan yang berlaku,” harapnya.

Ia mengajak semua elemen masyarakat khususnya sebagai tim pendukung, agar jangan lakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan. Mari sama-sama menjaga, damai saat pemilihan juga damai saat kemenangan terlepas incambent ataupun non incumbent.

“Kemudian mari kita saling menghargai, yang kalah dihargai oleh yang menang yang menang mari kita dukung bersama-sama,” ajaknya.

Ketua KIP Aceh Selatan, Khairunnis Absyir, ST sebelumnya menyampaikan, kegiatan sosialisasi bertujuan untuk saling memberi masukkan sekaligus memperbaiki kekurangan.

“Khusus kepada Paslon baik itu dari parpol maupun dari jalur independen agar ke depan segala kesalahan yang terjadi sekarang ini segera diperbaiki kalaupun masih ada keraguan dan ketidak mengertian silahkan menghubungi kami,” ucapnya.

Sementara, Devisi Teknis Penyelenggara KIP Aceh Selatan, Edi Syahputra, ST memaparkan, kegiatan ini adalah untuk membangun komunikasi yang baik dan tukar informasi sehingga pelaksanaan Pilkada bisa berjalan dengan lancar.

“Selain itu ada yang lebih penting lagi yaitu bagaimana tahapan-tahapan Pilkada ini yang akan dilaksanakan nantinya oleh para Paslon,” paparnya.

Dijelaskan, untuk persyaratan calon dan pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan dibuka melalui online atau web KPU Aceh Selatan.

Tentang pencalonan pendaftaran yang sesuai dengan Undang-Undang dan Qanun Aceh yaitu sebagai berikut, tanggal 01 hingga 07 Januari 2018 di buka untuk pendaftaran calon. Dari tanggal 07 hingga 10 Januari 2018 tahap pencalonan.

Pada tanggal 11 Januari 2018 dilaksanakan uji baca Alquran dan selanjutnya para Calon segera berangkat ke Banda Aceh untuk melaksanakan Tes Kesehatan di Rumah Sakit Zainal Abidin.

Selanjutnya, pada tanggal 15 Januari 2018 penyampaian hasil uji baca Alquran dan tes Kesehatan. Tanggal 09 Februari 2018 akan diumumkan hasil Verifikasi perbaikan untuk Paslon yang belum dan yang sudah memenuhi jumlah syarat KTP.

“Penentapan pasangan Calon tanggal 12 Februari 2018 dan pengumuman nomor pencalonan pada tanggal 13 Februari 2018,” jelasnya.(Ran)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*